Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kabupaten kota di Papua diminta optimalkan potensi PAD

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  Pemerintah kabupaten dan kota di Papua, diminta benar-benar mengoptimalkan seluruh potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ada sebaik mungkin, sehingga ke depan kapasitas viskal APBD bisa meningkat. Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, mengatakan dengan kapasitas fiskal APBD yang besar, tentu rencana pembangunan di setiap daerah akan berjalan lebih baik tanpa arus menunggu bantuan dari pemerintah pusat.

“PAD bisa ditingkatkan dengan mengoptimalkan dan memahami hak-hak yang harus kita miliki, seperti restoran, hotel dan lainnya. Jika ini dikelola secara baik maka penerimaan daerah akan meningkat dan nampak, sehingga dalam penyusunan APBD berikutnya banyak kebijakan pemerintah kabupaten/kota yang menyentuh rakyat dari hasil-hasil itu,” kata Klemen Tinal, di Jayapura kemarin.

Untuk itu menurutnnya perlu ada penyusunan target pendapatan daerah di setiap tahunnya secara cermat dan teliti, sehingga menghasilkan perencanaan yang akurat dan realistis. “Untuk wujudkan ini tentu memerlukan komitmen tinggi dan persepsi yang sama, serta didukung dengan kerja keras. Dengan begitu, pasti akan dapat merealisasikan rencana pendapatan daerah dengan harapan mampu mendorong pembangunan daerah,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Kota Jayapura Frans Pikey, mengatakan untuk retribusi pihaknya sudah kembangkan sistem online antara Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dengan pihak hotel, terutama yang berbintang dan sudah berjalan sangat baik. “Jadi untuk menghindari manipulasi dan penggelapan pajak, kami terapkan sistem online ini,” kata Pikey.

Loading...
;

Meskipun demikian, ia mengakui masih ada pihak-pihak yang “nakal” dengan menghalalkan berbagai cara. Seperti, menyiapkan dua tagihan, yang mana satu untuk masuk ke Dispenda, sementara yang satu ditahan untuk ditagih sendiri. “Cara-cara ini yang sementara kami sedang tertibkan, mengingat ada beberapa oknum yang bermain di hotel-hotel tertentu,” ujarnya. (*)

Editor:Syam Terrajana

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top