Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kadistrik Sentani: Ada kesepakatan antara yayasan dan pemilik hak ulayat

Kadistrik Sentani, Budi Yoku, saat berkoordinasi dengan Kepala Sekolah SD YPK Onomi Felafauw Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pemalangan SD YPK Onomi Felafauw Sentani yang dilakukan oleh pemilik hak ulayat adalah buntut dari kesepakatan yang pernah dilakukan antara pihak YPK dengan pemilik hak ulayat di para-para adat beberapa waktu lalu.

Kepala Distrik Sentani, Budy P Yoku, mengatakan pihaknya hanya dapat memfasilitasi antara pihak yayasan dan pemilik hak ulayat agar komitmen yang ditetapkan dapat direalisasikan dengan baik.

“Sampai saat ini memang belum ada realisasi dari pihak yayasan terkait tuntutan yang diminta oleh pemilik hak ulayat, tetapi dari kami pemerintah hanya menyampaikan kepada pemilik hak ulayat agar tidak memanfaatkan momen ujian saat ini untuk menekan pihak manapun untuk kepentingan mereka,” ujar Budy Yoku, saat ditemui di Sentani, Senin (13/5/2019).

Budy berharap agar pihak yayasan segera melaksanakan komitmen yang sudah disepakati bersama dengan pihak pemilik hak ulayat. Hal ini juga demi kemajuan sekolah tetapi juga untuk masa depan anak-anak yang sedang mengenyam pendidikan di sekolah itu.

Loading...
;

“Budaya seperti ini memang harus dihilangkan dari diri kita orang Papua, karena sama sekali tidak mendidik dan tidak menyelesaikan persoalannya,” kata Yoku.

Sementara itu, Sekretaris Komisi A DPRD Kabupaten Jayapura, Hermes Felle, mengatakan pemalangan sekolah SD YPK Felafauw Sentani sudah sering terjadi.

Pihaknya pada 2108 lalu, saat yang sama juga pernah berkunjung dan menyerap aspirasi masyarakat pemilik hak ulayat.

“Tuntutan mereka agar hak ulayat mereka dibayarkan, hal ini harus diperhatikan secara serius oleh Sinode GKI di Tanah Papua dan secara khusus pihak YPK. Pemerintah akan melaksanakan tugas mereka secara teknis dalam hal pembenahan infrastruktur dan pengadaan tenaga guru, sementara aset dan kepemilikan sekolah ada di tangan pihak YPK,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top