HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kafu, patung leluhur Papua yang terlupakan

Kafu, patung leluhur Papua yang terlupakan

 

Patung Nikumare dari Kampung Weriagar, Kabupaten Teluk Bintuni – Jubi/UDC Station

Jayapura, Jubi – Patung bersejarah dari Skouw yang kira-kira berusia 100 tahun ini namanya kafu dan salah satu barang hibah dari Metropolitan Museum di New York City pada 1972, untuk Museum Lokal Budaya Uncen.

Patung yang terbuat dari akar pakis hutan tersebut dahulu dianggap sebagai leluhur atau dewa bagi masyarakat Skouw. Karena dianggap sakral, patung ini tidak boleh dilihat oleh kaum hawa, kecuali kaum lelaki.

“Jadi, kalau perempuan yang melihatnya mereka akan mandul dan tidak punya keturunan. Hidup mereka juga akan susah,” ujar Soleman Soindemi (55) selaku kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Museum Loka Budaya Uncen.

Yang cukup disayangkan adalah kurangnya kelengkapan dan keakuratan data. Sehingga sejarah yang didapatkan hanya informasi dari mulut ke mulut secara turun- temurun. Sejarah yang didapat oleh nenek moyang mereka.

“Kita tahu cerita ini dari cerita, jadi patung ini ditemukan sekitar tahun 50-an oleh salah seorang arkeolog asing yang juga seorang misionaris. Karena merasa hal ini tabu di zaman yang sudah mengenal Tuhan, tahun 58-69 patung itu dibawa ke Metropolitan Museum di New York untuk diteliti,” tambahnya.

Diharapkan setelah ini dapat dilakukan penelitian lebih lanjut agar sejarah dari artefak ini tidak terlupakan oleh zaman. Sebagai penerus bangsa, kita perlu melestarikan kebudayaan daerah sebagai rasa cinta terhadap tanah air. (*)

Editor: Timo Marten

Reporter: Hunter Hot News (Nathasa Maturbongs, Fadhel Muhammad Nurfaizin, Zahra S. P. Yulindha, Syabilla Nurul S. S.)

“Tulisan ini merupakan karya siswa/i peserta Jurnalis Goes To School yang digelar Koran Jubi dan www.jubi.co.id di SMAN 3 Buper, Rabu (13/3/2019) sampai Jumat (15/3/2019) yang diikuti SMA YPPK Taruba Bakti, SMAN 3 Buper Jayapura, dan SMA Pembangunan Yapis. Diikuti 12 peserta yang dibagi menjadi tiga kelompok dengan nama masing-masing SelowTV, Hothunternews, dan UDC Station.”

 

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)