Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kaji ulang hubungan dengan Tiongkok, Kepulauan Solomon habiskan jutaan

Pemimpin oposisi Kepulauan Solomon, MP Matthew Wale. – Solomon Times Online/ Source: File: SIBC

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Pemerintah Kepulauan Solomon akan menghabiskan $6 juta, untuk melakukan peninjauan dalam mengkaji peluang negara itu untuk mengalihkan hubungan diplomatik dari Taiwan ke Tiongkok.

Itu menurut pemimpin blok oposisi, MP Mathew Wale.

Perdana Menteri Manasseh Sogavare belum mengungkapkan seberapa banyak dana yang telah dikeluarkan atau akan dikeluarkan pemerintah untuk peninjauan tersebut.

Namun Wale berkata, pada Rabu lalu (21/8/2019), bahwa ia mendapatkan jumlah $6 juta itu dari sumber yang dapat dipercaya dalam kubu pemerintah.

Belum apa-apa, pemerintah telah mengirim satu gugus tugas yang ia bentuk untuk melakukan peninjauan ke Vanuatu, Fiji, Samoa, Tonga, Papua Nugini, dan Tiongkok. Kelompok itu diharapkan akan melakukan konsultasi lebih lanjut tentang masalah ini di tingkat lokal dalam beberapa minggu mendatang.

Namun Wale menggambarkan pengeluaran itu sebagai pemborosan dana publik yang sudah terbatas.

Loading...
;

“Perdana menteri harus segera berhenti menghabiskan sumber daya kita yang terbatas untuk memajukan permainan politiknya sendiri,” tambahnya.

Keputusan akhir apakah Kepulauan Solomon akan mempertahankan hubungan diplomatiknya dengan Taiwan, atau beralih ke Tiongkok tidak akan diselesaikan oleh pemerintah tahun ini, kata seorang anggota parlemen lainnya.

Enam belas MP telah menyatakan mereka ingin negara itu tetap dengan Taiwan. Dipimpin oleh mantan perdana menteri, MP Rick Hou, para anggota parlemen menegaskan pendirian mereka dalam sebuah pernyataan yang dirilis pekan lalu. Pernyataan itu dikeluarkan sebagai tanggapan atas kunjungan delegasi Kepulauan Solomon ke Tiongkok pekan lalu, dan pembentukan gugus tugas untuk meninjau kembali hubungan Honiara dengan Taiwan. Hou juga percaya pemungutan suara parlemen terkait isu ini tidak akan terjadi di tahun ini. (Solomon Star News)


Editor : Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top