Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kampung Boha bangun 62 unit rumah warga dari dana desa

Kepala Kampung Boha, Elyas Mahuze, sedang dialog dengan Mantan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Sejak dana desa dikucurkan tahun 2015 silam, berbagai kegiatan pembangunan dijalankan di Kampung Boha, Distrik Muting, Kabupaten Merauke. Salah satu kegiatan fisik yang dijalankan adalah membangun 62 perumahan bagi masyarakat.

“Memang pembangunan perumahan dilakukan secara bertahap. Karena ada beberapa kegiatan lain dijalankan, termasuk pemberdayaan ekonomi kerakyatan,” ungkap Kepala Kampung Boha, Elyas Mahuze, kepada Jubi, Kamis (7/2/2019).

Pembangunan perumahan tersebut, menurutnya, selain berlantai keramik, juga setengah tembok.

“Memang masih kurang sekitar 20 unit rumah yang harus diselesaikan,” katanya.

Loading...
;

Sesuai rencana, lanjut dia, tahun ini akan dibangun. Hanya saja, pencairan dana belum dilakukan.

“Saya mempunyai target harus membangun kembali rumah warga yang tidak layak ditempati. Sehingga mereka juga bisa merasakan dampak dari dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat,” katanya.

Ditanya besaran dana desa tahun 2018, Elyas mengaku sekitar Rp 500 juta. Sedangkan dana ADK  Rp 700 juta. Sehingga total dana yang berputar dalam kampung mencapai Rp 1,2 miliar.

Ditambahkan lagi, berbagai kegiatan pembangunan yang dijalankan, selalu dikompromikan dan disepakati bersama seluruh masyarakat dalam kampung.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Tarsisius Awi, mengatakan banyak dana desa diselewengkan oleh kepala kampung sehingga masyarakat terus mempertanyakan dari waktu ke waktu.

“Dari reses saya di beberapa kampung di Distrik Kimaam maupun Waan, masyarakat menanyakan dana desa yang nilainya hingga ratusan juta, namun pemanfaatan tidak tepat sasaran,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top