Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kampung Sereh siap jadi kampung adat

Kepala Kampung Sereh, Steven Eluay, saat wawancara di Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Kampung Sereh, Steven Eluay, yang baru saja dilantik, menyatakan sangat siap mendukung program pemerintah dan siap jika Kampung Sereh akan menjadi kampung Adat.

“Sebelum dijadikan kampung adat atau perubahan status dari kampung dinas, pastinya kita harus berkoordinasi melalui sebuah pertemuan dengan para tokoh adat di kampung untuk membahas perubahan status tersebut,” jelas Steven, saat ditemui di Sentani, usai pelantikan dirinya, Kamis (14/2/2019).

Dikatakan, untuk perubahan status tentunya ada kejelasan juga terkait batas-batas wilayah di Kampung Sereh. Karena di kampung ini ada banyak marga, keret, dan klan yang juga sebagai kepala suku sekaligus pemilik hak ulayat.

“Pemerintah saat ini sedang melaksanakan pemetaan wilayah, tentunya perencanaan ini juga akan berimbas kepada kami, apakah akan ada perubahan status atau tidak. Tetapi hal ini penting untuk dilakukan sehingga ke depannya juga akan jelas siapa pemilik hak ulayat yang jelas berdasarkan hasil pemetaan wilayah adat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan kampung (DPMK) Kabuaten Jayapura, Elisa Yarusabra, mengatakan ada sejumlah kampung di Kabupaten Jayapura yang akan dialihkan statusnya dari kampung dinas menjadi kampung adat. Terbanyak ada di wilayah perkotaan.

“Bersinergi langsung dengan tim gugus tugas pemetaan wilaya adat yang sedang berjalan, sehingga ketika pemerintah kampung adat berjalan sudah jelas pemerintahnya akan mengetahui batas dan hak-hak yang harus dipertahankan berdasarkan kepemilikan di atas legalitas hukum,” katanya. (*)

Loading...
;

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top