Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kanada mendesak kotak hitam pesawat jatuh di Iran dikirim ke Prancis

Ilustrasi, pixabay.com

“Iran tidak memiliki keahlian teknis dan sebagian besar peralatan yang dibutuhkan untuk dapat menganalisis segera kotak hitam yang hancur ini,”

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Ottawa, Jubi – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, mendesak Iran agar mengirim kotak hitam pesawat yang berisi rekaman data kokpit dan penerbangan, dari pesawat yang jatuh di negaranya ke Prancis. Sedangkan jasad warga negara kanada yang menjadi korban harus segera dipulangkan ke Kanada.

Trudeau menyebutkan saat konferensi pers di Ottawa, Jum’at (17/1/220) kemarin, Prancis merupakan satu dari segelintir negara yang mampu membaca kotak hitam isi percakapan pesawat.

Iran mengaku tak sengaja menembak jatuh pesawat Ukraina pekan lalu. Sebanyak 176 orang di dalamnya tewas akibat kecelakaan nahas tersebut, di mana 57 di antaranya berasal dari Kanada.

“Iran tidak memiliki keahlian teknis dan sebagian besar peralatan yang dibutuhkan untuk dapat menganalisis segera kotak hitam yang hancur ini,” kata Trudeau.

Ia menjelaskan konsesus awal bahwa  Prancis akan menjadi tempat yang tepat untuk menerima kotak hitam tersebut, guna mendapatkan informasi yang lebih akurat dengan cara yang cepat.

Loading...
;

“Itulah yang sedang kami upayakan kepada otoritas Iran agar menyetujuinya,” kata Trudeau menjelaskan.

Trudeau menyebutkan sekitar 20 keluarga dari korban asal Kanada meminta pemulangan jasad kerabat mereka dan mengatakan kepada wartawan bahwa dirinya berharap jasad sebelumnya dipulangkan. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top