HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kariwari bisa dijadikan ikon untuk menyedot wisatawan ke Kota Jayapura

Salah satu penjual pernak-pernik khas Kota Jayapura di Pasar Hamadi – Jubi/Ramah.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepada Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Matias B. Mano mengajak masyarakat setempat agar melestarikan kearifan lokal agar tak hilang seiring perkembangan zaman.

“Tari-tarian, kerajinan tangan, budaya, dan kuliner harus tetap dilestarikan masyarakat sehingga bisa diunggulkan,” kata Matias Mano di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (20/5/19).

Matias Mano mencontohkan, salah satu kearifan lokal yang harus dipertahankan yaitu rumah Kariwari (rumah khas Port Numbay) agar bisa juga menjadi destinasi wisata, yang nantinya membuat masyarakat bangga.

“Kami tidak ingin Kota Jayapura kehilangan jati dirinya dengan melestarikan kearifan lokal adat istiadat yang ada di Kota Jayapura,” ujar Matias Mano.

Loading...
;

Menurut Matias Mano, dengan melestarikan kearifan lokal dapat meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara ke Kota Jayapura agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kami siap memberikan pelatihan dan pendampingan agar masyarakat bisa melestarikan kearifan lokal di setiap kampung di Kota Jayapura sehingga pengunjung merasa nyaman dan aman saat berkunjung ke lokasi wisata,” tutur Matias Mano.

Salah seorang warga Kota Jayapura, Dinas Tabuni mengatakan, pelestarian kearifan lokal sangat penting sebab dapat meningkatkan ekonomi masyarakat karena banyak warga yang datang berkunjung ke lokasi wisata.

“Lokasi wisata itu tak hanya infrstruktur yang jadi hal krusial, namun juga mengangkat kreatifitas warga sehingga menumbuhkan perekonomian di daerah lokasi wisata itu,” jelas Tabuni.

Hal senada juga disampaikan warga lainnya, Maria. Ia mengaku perkembangan saat ini tak hanya memupus kearifan lokal yang sudah jarang ditemui, maka untuk menghidupkan kembali pemerintah harus gencar melakukan sosialiasi.

“Kalau terus didiamkan maka semua bentuk kearifan lokal, seperti seni, budaya, tari-tarian akan hilang dengan sendirinya. Pemerintah dan masyarakat berkewajiban menjaga kearifan lokal ini,” tutur Maria. (*)

Editor      : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top