Kasus gigitan anjing liar meningkat

Kasus gigitan anjing liar meningkat

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Parit Malintang, Jubi – Kasus gigitan anjing liar terhadap manusia di Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, meningkat setiap tahunnya, ujar pejabat setempat.

"Pada 2015 kasus gigitan anjing sebanyak 407 kasus dan 2016 sebanyak 498 kasus. Sedangkan untuk Januari hingga Maret 2017 sudah tercatat 115 kasus gigitan anjing terhadap manusia," kata Kepala Dinas Kesehatan Padangpariaman, Aspinuddin, di Parit Malintang, Selasa.

Ia mengatakan meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, namun meningkatnya jumlah tersebut dapat mengkhawatirkan keselamatan masyarakat setempat.

"Ketika ada kasus gigitan maka si korban akan segera kami memberinya vaksin agar korban yang telah terinfeksi tidak terjangkit rabies," kata Aspinuddin.

Ia berharap pihak terkait memvaksin anjing dan melakukan eliminasi anjing liar.

Sementara itu pada kesempatan yang sama , Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Padangpariaman, Bustanil Arifin mengatakan jumlah kasus gigitan anjing liar di daerah itu saat ini memang meningkat.

Dia menjelaskan cara memvaksin anjing tersebut, yakni dengan mengumpulkannya pada satu tempat yang dilakukan oleh petugas atau masyarakat setempat agar petugas mudah menyuntikkan vaksin rabies tersebut kepada anjing. (*)

 

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)