Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kawasan reklamasi Mile 21 PTFI menjadi sarana edukasi

 General Superintendent Department Environmental PT FI, Roberth Sarkom, saat menjelaskan keberadaan Museum graha Diorama ekosistem kepada pengunjung- Jubi/ David Sobolim

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Reclamation and biodiversity milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di areal Mile 21 menjadi tempat sarana edukasi bagi pelajar maupun mahasiswa. Baik untuk sekedar melihat-lihat maupun untuk keperluan penelitian terkait satwa asli di Timika.

General Superintendent Department Environmental PT FI, Roberth Sarkom mengatakan, fasilitas ini dibuka untuk umum. Untuk mengaksesnya, perlu ijin PTFI terlebih dahulu.

“ Dibuka untuk umum. Banyak pengunjungnya adalah pelajar yang berada di Kota Timika, dalam seminggu dua sampai tiga kali. Pengnjung datang dengan bus karena area ini, tidak boleh untuk pejalan kaki dna pengendara sepeda motor,” ujarnya.
Dia menjelaskan semua tumbuhan dan satwa yang berada di kabupaten Mimika, dari laut sampai di atas gunung semua dikoleksi di

“ Semua tumbuhan kami tanam kembali dan burung-burung kupu mulai balik, kami sudah mulai kembalikan habitat aslinya,” klaim dia melalui pesan WhatsApp, Rabu, (18/9/2019).

Loading...
;

Reclamation and Biodiversity Center PTFI mulai dibangun pada 1995 silam. Mulanya, ibangun sebagai pusat penelitian untuk mengelola dampak lingkungan operasi tambang PT FI. Kini areal ini juga menjadi perkebunan dan perikanan yang layak untuk di konsumsi maupun dibudidaya.

Dulunya kata dia di daerah reklamasi ini penuh dengan sisa tambang.Tetapi perusahan punya kewajiban untuk memulihkan ekosistem. Untuk mengembalikan itu salah satunya dengan mengembalikan habitat lingkungannya seperti sediakala. Misalkan dengan menanam pohon asli yang ada di daerah Modada.

“ Kupu-kupu mulai kembali hinggap di pohon-pohon yang berada di sekitar sini maka secara tidak langsung habitatnya sudah kembali,” katanya.

Berty salah satu pengunjung menambahkan dirinya senang dapat melihat langsung tumbuhan dan makhluk hidup asli yang berada di Kota Mimika di sini. “Ini juga menjadi pelajaran tersendiri dan dapat melihat langsung,” kata dia pekan lalu saat berkunjung di areal ini. (adv)

 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top