Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kebakaran lahan tahun ini setara 9 kali luas Jakarta

Kabut asap di perairan Kubu Raya, Kalimantan Barat – Jubi/Aries Munandar.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Kebakaran lahan gambut di Indonesia pada tahun ini membuat negara merugi sebesar 5,2 miliar dolar Amerika Serikat. Kerugian itu setara 0,5% Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional.

Bank Dunia dalam laporan Indonesia Economic Quarterly periode Desember 2019 menyebut kebakaran hutan dan lahan pada tahun ini merupakan terparah sejak 2015. Kasus itu berdampak sekitar 0,9% terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Kabut asap sebagai polutan kebakaran hutan dan lahan juga menyebar hingga ke negara lain.

“Kebakaran pada hutan gambut merugikan negara hingga 5,2 miliar dolar Amerika Serikat. Ratusan sekolah di Indonesia, Malaysia, dan Singapura juga harus diliburkan untuk sementara waktu (akibat asap kebakaran hutan dan lahan),” kata Ekonom Utama Bank Dunia di Indonesia Frederico Gil Sander, Rabu (11/12/2019).

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan juga menimbulkan pandangan negatif dari komunitas internasional. Negara-negara Eropa, misalnya menurunkan permintaan terhadap produk kelapa sawit Indonesia. Mereka bahkan berencana tidak lagi menggunakan bahan bakar nabati (biofuel) dari minyak kelapa sawit pada 2030.

Bank Dunia dalam laporan tersebut menyatat setidaknya lebih dari 900 ribu warga menderita sesak nafas akibat kabut asap dari kebakaran hutan dan kahan. Polutan tersebut juga menganggu pelayanan dan operasional 12 bandara nasional.

Loading...
;

Bank Dunia memperkirakan kebakaran hutan dan lahan pada Januari-September 2019 menghanguskan sekitar 620 ribu hektare di delapan provinsi. Provinsi itu ialah Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Papua. Total Lahan yang terbakar tersebut setara sembilan kali luas wilayah DKI Jakarta. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top