Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kebersihan kampung tanggung jawab siapa?

Seorang warga Kampung Ifar Besar sedang membersihkan halaman rumahnya – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Kampung Ifar Besar (Farbes) Distrik Sentani, Arnold Yoku, mengatakan kebersihan lingkungan di kampung menjadi tanggung jawab seluruh warga. Informasi dan sosialisasi kepada warga sudah dilakukan berkali-kali di kampung tersebut, bahwa akan ada sejumlah iven besar yang dihelat di daerah tersebut.

“Kebersihan itu bagian dari iman kita kepada alam dan lingkungan serta Tuhan Sang Pencipta. Bahwasannya kita harus menjaga apa yang sudah diberikan kepada kita sebagai umat manusia, selain itu juga untuk kesehatan,” jelas Arnold Yoku, di kampungnya, dalam kegiatan bersih-bersih kampung yang dilaksanakan bersama Pemerintah Distrik Sentani dan PPLH Kota Sentani, Jumat (15/2/2019).

Ditambahkan, sejauh ini masyarakat dinilainya masih kurang aktif dan peka terhadap lingkungan sekitar. Oleh sebab itu dirinya juga mengimbau sekaligus mengharapkan adanya partisipasi warga masyarakatnya.

“Soal kebersihan lingkungan di kampung seharusnya disadari oleh masyarakat sendiri di kampung ini, masa orang lain yang datang bersihkan kampung kita. Oleh sebab itu masyarakat juga harus peka terhadap hal ini,” harapnya.

Loading...
;

Kepala Distrik Sentani, Budi Yoku, mengaku masih minim kepedulian aparat kampung pada tingkat RT/RW untuk berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan di masing-masing rumah.

“Hal ini kami sayangkan juga, oleh sebab itu kami datangi langsung ke rumah warga door to door untuk memberitahukan kepada pemilik rumah agar membersihkan halaman rumah mereka dari sampah. Fasilitas pendukung seperti truk dan bentor kami siapkan untuk mengangkat sampah yang sudah dikumpulkan,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top