Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kebersihan pasar bukan hanya urusan pemerintah

Pedagang berjualan di dekat tumpukan sampah di Pasar Pharaa, Sentani – Jubi/Yance Wenda.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Sampah merupakan salah satu produk sampingan dari aktivitas pasar. Kesadaran pedagang maupun pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan menjadi salah satu faktor penentu kebersihan lingkungan pasar.

“Pasar itu tidak bisa terlepas dari (persoalan) sampah. Kesadaran dari pengelola maupun pengguna pasar (pedagang dan konsumen) menjadi sangat penting,” kata Kepala Dinas Lingkungn Hidup Kabupaten Jayapura Demas Tokoro kepada Jubi, Kamis (14/11/2019).

Pernyataan Tokoro tersebut menanggapi penanganan kebersihan di lingkungan Pasar Pharaa di Sentani. Pedagang maupun pembeli kerap mengeluhkan kondisi pasar yang semrawut dan kumuh.

“Jika (sampah) dibuang di satu tempat, akan memudahkan petugas mengangkutnya. Kalau berhamburan di pasar, mereka akan setengah mati mengerjakannya walaupun banyak tenaga dan alat yang digunakan,” lanjut Tokoro.

Loading...
;

Dia berharap setiap pedagang maupun pengunjung mau bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan pasar sentral di Sentani tersebut. “Buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan. Jangan sembarangan.”

Pengunjung Pasar Pharaa Hardianto Eko menganggap masalah kebersihan pasar bukan menjadi tanggung jawab pemerintah semata. Penyelesaian permasalahan tersebut membutuhkan kerja sama semua pihak.

“Apa-apa (menyalahkan) pemerintah. Memangnya pemerintah yang buang sampah di situ kah? Pemerintah sudah bagus (berupaya), tinggal masyarakat saja jaga (kebersihan),” kata Hardianto. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top