Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kejari Sleman menahan Kades korupsi dana desa

Ilustrasi, Tempo.co

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sleman, Jubi – Kejaksaan Negeri Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan penahanan terhadap Kepala Desa (Kades) Banyurejo, Sleman, Ruswantara, usai diperiksa sebagai tersangka kasus korupsi dana desa, Selasa, (24/9/2019). Ruswantara diduga melakukan korupsi dana desa Banyurejo tahun anggaran 2015 dan 2016.

“Dalam waktu dekat, perkara ini segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tipikor Yogyakarta,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Sleman, Bambang Surya Irawan.

Baca juga : Tersangka korupsi balai nikah Labangka ditahan Tersangka kasus korupsi pembangunan jalan Kemiri-Depapre ditahan KPK

Diduga korupsi, mantan Ketua Bawaslu Papua Barat resmi ditahan

Loading...
;

Menurut Bambang, tersangka telah diperiksa sebanyak dua kali. Setelah menjalani pemeriksaan yang terakhir hari ini tersangka langsung ditahan selama 20 hari ke depan di Lapas Wirogunan Yogyakarta.

“Mulai hari ini langsung ditahan di Lapas Wirogunan. Jika selama 20 hari penahanan dirasa masih kurang, maka kami akan memperpanjang masa tahanan,” kata Bambang menjelaskan.

Kejaksaan menahan tersangka dengan alasan agar tersangka tidak mengulangi perbuatannya, dan menghilangkan barang bukti serta untuk mengantisipasi agar tidak melarikan diri.

Kades Banyurejo, Ruswantoro, diduga melakukan korupsi dana desa Banyurejo tahun anggaran 2015 dan 2016. Berdasarkan hasil penghitungan dari Inspektorat Pemkab Sleman pada saat penyidikan, kerugian negara sekitar Rp633 juta.

“Tersangka ini tidak bisa mempertanggungjawabkan dana desa selama dua tahun,” katanya.

Pasal yang disangkakan yaitu Pasal 2 dan 3 UU No 31 Tahun 1999 Jo UU RI No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” katanya.

Penetapan tersangka terhadap Kades Banyurejo berdasarkan lima alat bukti yang ditemukan. Kemudian pada 22 Juli 2019, kades tersebut resmi dijadikan tersangka. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top