Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kekuasaan Uskup Agung Merauke Mgr Nicolaus Adi Seputra dicabut Paus

Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC sedang bersalaman dengan umat Katolik – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Kekuasaan Uskup Agung Merauke, Mgr. Nicolaus Adi Seputra, MSC dicabut oleh Paus di Vatikan. Tidak diketahui apakah suatu saat akan dikembalikan atau tidak, itu adalah  kewenangan Paus.

Penegasan itu disampaikan Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC yang juga Uskup Keuskupan Amboina, saat memberikan penjelasan kepada ribuan umat di area Patung Hati Kudus Yesus, Merauke, Rabu (14/8/2019), pada peringatan masuknya Gereja Katolik ke-114 tahun di Papua Selatan.

“Bahwa tetap ada Uskup Agung Merauke yakni Mgr. Nicolaus Adi Seputra, MSC. Hanya  saja kekuasaannya dicabut Paus. Olehnya, jangan di antara kita untuk coba-coba melakukan demonstrasi dan menuntut adanya pergantian,” pintanya.

“Kita Gereja Katolik, bukan gereja berantakan. Banyak gereja, namun berantakan. Kita ada hirarki tersendiri,” ujarnya.

Loading...
;

Dikatakan, perintah Paus di Vatikan agar dirinya datang ke Merauke dan bukan kemauan pribadi.

“Saya cuma menjawab kepada Duta Besar Vatikan ketika diminta menjadi Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke,” ungkapnya.

“Karena saya sayang Keuskupan Agung Merauke dan atas perintah Paus di Vatikan, saya siap sedia, titik, dan tak ada komentar. Jadi, kami datang mengabdi di sini,” tegasnya.

Uskup Mandagi mengatakan ia perlu menerangkan secara jelas karena kadang pastor-pastor juga salah menerangkan kepada umat sehingga tidak memunculkan perbincangan yang salah dan sebagainya.

“Janganlah kita berkelahi. Ingat, bahwa gereja bukan organisasi politik. Olehnya, jangan ada tokoh gereja juga bermanuver membangun kelompok. Ini organisasi gerejani yang harus diwarnai cinta kasih bukan membangun persaingan politik,” tegasnya lagi.

Seorang umat, Fidelis, yang dimintai komentarnya mengatakan dengan penjelasan dari Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC menjadi jelas dan diketahui umat.

“Saya kira apa yang disampaikan Bapak Uskup sudah sangat jelas tentang status Uskup Agung Merauke yang dicabut oleh Paus di Vatikan,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top