HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kelapa berlimpah, Pemkab Biak bangun rumah kopra

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Biak, Jubi – Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui Dinas Pertanian Ketahanan Pangan pada tahun anggaran 2018 membangun fasilitas fisik rumah kopra di wilayah Kepulauan Padaido-Aimando yang dikenal potensial dengan tanaman kelapa.

"Rumah kopra yang dibangun untuk membantu petani supaya dapat mengolah kelapa menjadi kopra. Tanaman kelapa memiliki keunggulan komparatif bila dibandingkan tanaman komoditi lain di kepulauan Padaido-Aimando," kata kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Biak, I Made Suaryadana, di Biak, Kamis (15/11/2018).

Ia mengatakan potensi tanaman kelapa di kepulauan Padaido-Aimando cukup melimpah, sehingga pemkab melalui dinas pertanian harus membangun rumah kopra.

"Dengan adanya rumah kopra yang dibangun diharapkan bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas pengolahan kopra yang lebih baik," kata Suaryadana.

Loading...
;

Ia mengharapkan rumah kopra yang dibangun dapat memberikan bernilai ekonomis dalam peningkatan kualitas kopra.

Melalui rumah kopra yang ada, kata dia, akan menjadi tempat edukasi untuk masyarakat dalam mempertahankan kepulauan Padaido-Aimando sebagai pusat pembudidayaan tanaman kelapa.

"Tanaman kelapa tidak hanya pemanfaatan untuk diambil buahnya saja tetapi hampir tiap bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan," katanya.

Tahun 2018 Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Biak melalui dukungan dana Otonomi Khusus Papua telah memberikan juga bantuan peralatan untuk pengolahan kelapa menjadi minyak. (*)

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top