Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Keluarga tak tahu terdakwa kasus Nduga dipindahkan ke Jakarta

Terdakwa MG saat menjalani sidang perdana di PN Jakarta Pusat – Jubi. Dok PH

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pihak keluarga tidak mendapat pemberitahuan jika MG, 20 tahun terdakwa dalam kasus pembunuhan 13 pekerja jalan trans Papua di Kabupaten Nduga Papua pada 2 Desember 2018, akan dipindahkan dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya ke Jakarta pada 18 Desember 2019.

Pernyataan itu dikatakan kakak perempuan MG berinisial DG dalam siaran pers yang diterima Jubi, Jumat malam (10/9/2020).

Ia mengatakan pada 17 Desember 2019, keluarga  hendak menjenguk terdakwa di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Wamena akan tetapi tidak bertemu MG.

Keluarga kemudian menghubungi penasihat hukum dan bersama bertemu Jaksa Penuntut Umum atau JPU.

“JPU menyampaikan rencana membawa MG ke Jakarta dan akan menyampaikan kepada keluarga dan sedang menunggu tiket. Akan tetapi kami menduga tiket sudah ada untuk, 18 Desember 2019. Namun JPU tidak menyampaikannya ke keluarga, karena terdakwa sudah dibawah ke rumah tahanan Polres Jayawijaya untuk menunggu tiket pesawat,” kata DG.

Sementara itu, salah satu penasihat hukum MG dari Koalisi Penegak Hukum dan HAM Papua, Mersi Waromi mengatakan dua pekan sebelum terdakwa diberangkatkan ke Jakarta, pihaknya terus mendatangi Kejaksaan Negeri Wamena untuk bertemu JPU.

Loading...
;

Pada 11 Desember 2019, PH bertemu JPU dan jaksa menyampaikan persidangan MG dialihkan ke daerah lain (Jakarta) karena faktor keamanan.

Selain itu JPU menyatakan Kejaksaan Negeri Wamena juga menunggu surat putusan Mahkamah Agung atau MA terkait penetapan daerah tempat dilangsungkannya persidangan nantinya.

“Penetapan MA turun pada 15 Desember 2019, karena perpanjangan penahanan dari Kejaksaan berakhir pada 26 Desember 2019, sehingga Jaksa mempercepat pemindahan MG ke Jakarta,” ujar Mersi Waromi.

Menurutnya, MG diberangkatkan ke Jakarta pada 18 Desember 2019 pukul 08.00 WP menggunakan pesawat Hercules  rute Wamena-Timika-Jakarta, dan tiba di Jakarta pukul 19.00 WIB.

Pada 19 Desember 2019 terdakwa akan dititipkan di Rutan Salemba Jakarta Pusat. Akan tetapi pihak Rutan menolak, sehingga MG dititipkan di Lapas Salemba Kelas II Jakarta Pusat, dan tersangka dilimpahkan ke PN Jakarta Pusat pada hari yang sama. Pihak PN kemudian menjadwalkan sidang perdana terhadap terdakwa dengan agenda pembacaan dakwaan pada 6 Januari 2020. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top