Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kembalikan pemain yang hengkang, JFT: Bukan perkara mudah

Fandri Imbiri (depan) salah satu mantan pemain Persipura yang saat ini membela klub Madura United – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pelatih kepala Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago kepada Jubi melalui sambungan telepon selularnya, Sabtu (20/7/2019) mengatakan, keinginan para penggemar dan Persipura Mania agar manajemen Persipura memanggil pulang sejumlah mantan pemain Persipura yang kini berlaga di klub lain adalah hal yang tidak mudah.

Beberapa pemain yang pernah berjaya bersama Persipura diantaranya Nelson Alom, Ruben Sanadi, Ferinando Pahabol, Ricky Kayame, David Lali, Osvaldo Hay, Vandri Imbiri, dan beberapa pemain lainnya seperti Marco Meraudje, Terens Puhiri hingga Yanto Basna merupakan pemain-pemain asal Papua yang menjadi pilihan utama di klubnya masing-masing.

“Itu butuh proses dan proses itu tidak gampang. Saya juga punya keinginan seperti itu tetapi kita semua harus sadar bahwa mereka juga sedang bagus-bagusnya di klub mereka masing-masing. Dan belum tentu klub mereka akan melepas mereka pada busa transfer putaran pertama nanti,” katanya.

Jacksen pun tidak menampik jika para pemain tersebut apabila berhasil dipulangkan maka Persipura bisa jadi salah satu klub yang paling ditakuti di sepak bola Indonesia.

Loading...
;

“Saya senang karena bisa memulangkan mereka, tetapi seperti saya bilang, memulangkan mereka bukan perkara yang mudah. Sama halnya dengan saya. Saya harus butuh lima tahun untuk kembali melatih Persipura. Banyak pertimbangan yang harus kita lalui untuk memulangkan mereka,” ujarnya.

Dengan kondisi pemain saat ini, apakah ada kemungkinan ada perubahan pada putaran kedua nanti? JFT menegaskan bahwa hal tersebut pasti akan terjadi, karena itu sudah menjadi tugas dan tanggungjawabnya.

“Pasti itu, dan itu hak penuh dari saya. Tapi untuk saat ini saya tetap memaksimalkan pemain yang ada, dan saya yakin, dengan pemain yang kami bisa berbuat banyak dalam kompetisi pada putaran pertama. Kalau pemain senior sudah tidak ada masalah sama sekali karena saya pernah bekerjasama dengan mereka dengan kurun waktu yang cukup. Sedangkan untuk pemain muda, saya butuh waktu untuk mengetahui kualitas mereka,” katanya.

Sementara, mantan asisten pelatih Persipura Mettu Dwaramuri dalam sambungan telepon selular kepada Jubi mengatakan, untuk saat ini Jacksen belum bisa merombak pemain karena belum ada aturannya. Jacksen harus menunggu hingga bursa transfer pemain dibuka pada jeda kompetisi putaran pertama.

“Saya juga meminta kepada seluruh masyarakat Papua untuk paham soal ini. Kita boleh mengkritik Persipura tetapi kita juga harus paham dengan aturan. Keinginan masyarakat Papua kepada manajemen menurut saya sah-sah saja. Semoga di putaran kedua nanti ada perubahan. Perubahan ini demi Persipura lebih baik kedepannya,” ujarnya.

Menanggapi soal pemain ini, kacamata jurnalistik olah raga pun punya anggapan lain. Redaktur senior Jubi.co.id, Dominggus Mampioper berharap, ada keterbukaan dari manajemen Persipura terkait dengan hengkangnya para pemain ke klub lain pada 2017 lalu. Apakah karena permintaan nilai kontrak pemain yang terlalu tinggi sehingga manajemen tidak sanggup membayarnya atau ada hal lain?

“Masyarakat saat ini sudah semakin kritis, apalagi informasi yang mereka dapat juga terputus-putus. Tapi harus dipahami bersama bahwa ada hal-hal yang mesti diketahui oleh masyarakat dan ada hal-hal yang tidak mesti diketahui oleh masyarakat. Ini semua menyangkut nama baik klub dan juga pemain tersebut,” katanya.

Tapi pada intinya, Mampioper yang juga mantan wartawan goal.com tersebut sepaham dengan keinginan masyarakat Papua untuk mengembalikan para pemain yang sempat eksodus tersebut.

“Ketika anak Papua bermain untuk klub tanah kelahirannya akan berbeda ketiia dirinya membela klub yang bukan asal tanah kelahirannya. Anak-anak Papua itu, rasa simpatik dan hormat itu sangat tinggi,” ujarnya. (*)

 

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top