Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kemenag Papua belum terima putusan kuota calon haji

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Papua belum menerima putusan dari Kemenag RI terkait kuota calon haji.

Kabid Haji dan Bimbingan Islam Kemenag Papua, Alwi Tianlean mengatakan, pihaknya tak mau gegabah dan tak bisa menjawabnya sebelum adanya keputusan dari Kemenag.

“Kami berharap, paling tidak, Papua akan dikembalikan kepada kuota asal, yaitu 1.065 calon jemaah haji seperti tahun haji 2012 lalu,” katanya kepada Jubi di Jayapura, Selasa (7/2/2017).

Terkait dengan persiapan jamaah haji, Kemenag juga telah meminta dan mengimbau para calon jEmaah haji yang masuk dalam kouta haji untuk mengumpulkan slip setoran awal warna merah.

Loading...
;

“Meski patokan awal kita sekarang ini yaitu 853 calon jEmaah haji setelah dikurang 20 persen saat masjidil haram direnovasi waktu itu. Belum ada yang berubah sambil menunggu putusan dari Kementrian Agama Pusat,” lanjutnya.

Hal yang sama dikatakan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kota Jayapura, Syamsudin. Melalui telepon selularnya, Syamsudin menegaskan belum ada keputusan dari Kemenag pusat.

“Kami harapkan pada Februari ataupun Maret kita akan tahu berapa jumlah calon jamaah haji Kota Jayapura yang saat ini berjumlah 301 orang. Harapannya bisa bertambah 100  menjadi 401 jamaah dari Kota Jayapura,” katanya.

Ia mengaku saat ini sekitar 5.000-an calon jemaah haji yang sudah terdaftar pada pihaknya.

“Ini yang terakhir saya tahu tapi setiap hari kan biasanya bisa bertambah. Nanti saya pastikan berapa jumlah ke teman-teman siskohat,” katanya.

Seperti diketahui, Kuota jemaah haji Indonesia mengalami kenaikan signifikan pada musim haji tahun ini. Kepastian naiknya kuota haji ini disampaikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dalam jumpa pers di Istana Negara.

Menurut Presiden Jokowi, kuota haji Indonesia bertambah hingga 52.200 jemaah. Angka itu terdiri dari 42.200 kuota yang menandai kembali normalnya kuota Indonesia.

Maklum, kuota haji Indonesia dan seluruh Negara pengiriam jemaah lainnya mengalami pemotongan 20% sejak tahun 2013 seiring dilakukannya renovasi Masjidil Haram. Akibatnya, kuota haji Indonesia hanya 168.800 dalam empat tahun terakhir. Kini, dengan adanya tambahan sebesar 42.200, kuota haji Indonesia kembali normal menjadi 211.000.

"Dari proses pembahasan tindak lanjut tersebut, pemerintah Arab Saudi dalam hal ini Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi, telah memutuskan untuk mengembalikan kuota normal haji bagi Indonesia dari 168.800 menjadi 211.000 untuk 2017," ujar Presiden. (*)

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top