Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kepala distrik harus siap layani masyarakat

Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, saat diwawacarai – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro, mengatakan seorang kepala distrik harus siap melayani masyarakatnya apabila kewenangan dari kabupaten telah dilimpahkan kepada pemerintahan distrik.

Pelimpahan kewenangan kepada pemerintahan distrik tersebut sebagai salah satu kebijakan Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat melalui program distrik sebagai pusat data, pelatihan, dan pelayanan publik.

“Jadi selama ini tugas dan pekerjaan yang selalu dibawa atau dicek di kantor bupati atau Gunung Merah, sudah tidak lagi dilakukan. Cukup di distrik saja,” ujara Wabup Giri saat ditemui di Sentani, Kamis (17/10/2019).

Menurutnya, banyak pekerjaan dan tugas pelayanan yang sebenarnya bisa diselesaikan di tingkat distrik. Koordinasi dan laporan yang dilaksanakan ke dinas masing-masing sesuai jenis pekerjaan yang ditelah dilaksanakan, sehingga tidak semua menumpuk di kabupaten.

Loading...
;

“Semua lini harus bersinergi dan ada sinkronisasi kerja, selain itu pengawasan dan pendampingan tentunya akan terus dilakukan dalam proses pekerjaan yang dilakukan di tingkat bawah,” katanya.

Dirinya berharap pelimpahan kewenangan dalam program Pemerinah Kabupaten kepada pemerintah distrik dapat dilaksanakan sebaik mungkin, sehingga fungsi pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud.

“Sudah ada enam distrik sebagai pilot project, tetapi distrik yang lain tidak tinggal diam, hal ini dapat diterapkan sebagai dasar pelasanaan pelayanan di distrik masing-masing,” harapnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, mengatakan yang menjadi poin penting dalam pelimpahan kewenagan ini meliputi pelayanan dasar masyarakat seperti kebangkitan masyarakat adat, pengembangan SDA, lingkungan hidup, pertumbuhan ekonomi, inovasi, dan kewirausahaan. Selain itu distrik sebagai pusat data, informasi, serta pelatihan.

“Pelayanan dasar ini yang harus di implementasikan oleh pemerinah distrik kepada masyarakatnya. Sudah harus ada tim pengendali kegiatan yang dibentuk pada masing-masing

distrik untuk mengawasi jalannya program pelayanan di tengah masyarakat,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top