Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kepala kampung akui dana desa belum dimanfaatkan untuk pemberdayaan ekonomi

Kepala Kampung Angger Permain, Partono – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Kepala Kampung Angger Permai, Partono, mengakui belum banyak dana desa dimanfaatkan untuk kegiatan pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Pembangunan fisik  masih mendominasi.

Demikian disampaikan Partono kepada Jubi, Jumat (13/9/2019).

Dikatakan, tahun lalu masih ada dana SILPA yang baru dicairkan tahun ini senilai Rp300 juta. Dana dimaksud dimanfaatkan untuk pengadaan lampu jalan serta pembuatan gorong-gorong.

Untuk tahun ini, katanya, anggaran dana desa maupun dana ADK dari kabupaten, jumlahnya sekitar Rp1,5 miliar. Hanya saja, baru dilakukan pencairan tahap pertama.

Loading...
;

“Itupun atas kesepakatan masyarakat untuk pembangunan beberapa unit rumah serta beberapa kegiatan infrastruktur lain. Apa yang dikerjakan, sesuai musyawarah bersama di kampung,” ujarnya.

Khusus dana ADK dari kabupaten, jelas dia, lebih banyak untuk honor aparat kampung maupun honor guru mengaji dan lain-lain. Sedangkan dana desa untuk berbagai kegiatan pembangunan.

“Memang ada sejumlah kegiatan pemberdayaan ekonomi kerakyatan telah dirancang bersama dan akan dijalankan di waktu-waktu mendatang,” katanya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Tarsisius Awi, menegaskan khusus di kampung lokal, penggunaan dana desa tidak transparan. Akibatnya terjadi aksi protes dari masyarakat.

“Sejumlah kampung sesuai hasil monitoring yang saya lakukan, pembangunan praktis tak berjalan. Padahal dana yang dikucurkan pemerintah tiap tahun sangat besar,” tegasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top