HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kepala Kampung Sota Merauke terima penghargaan dari Kapolri

Ilustrasi, taman Nol Kilometer Merauke-Sabang di Sota Kabupaten Merauke – Jubi/id.wikipedia.org

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Kepala Kampung Sota, Kabupaten Merauke, Adolof Mbanggu, menerima penghargaan dari Kepolisian Republik Indonesia saat puncak perayaan HUT ke-73 Bhayangkara yang dihelat di Kawasan Monas Jakarta, 10 Juli 2019.

“Saya kaget dan masih tidak percaya tiba-tiba dihubungi untuk menerima penghargaan dari Kapolri,” kata Adolof, usai menerima penghargaan, di Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Adolof bercerita empat hari yang lalu ditelepon oleh kepolisian agar berangkat ke Jakarta, karena berhak menerima penghargaan dari Polri.

Ia menerima penghargaan kerena dedikasinya mau ikut membantu tugas-tugas kepolisian guna menciptakan lingkungan daerah yang tertib dan kondusif.

Loading...
;

“Saya sangat bahagia sekali, tadi diberi pin emas lambang kepolisian, sertifikat penghargaan, dan apresiasi sinergitas tiga pilar desa Rp15 juta,” katanya.

Di kampungnya, Sota, persoalan keamanan dan ketertiban yang harus dihadapi sehari-harinya, kata Adolof, berupa kenakalan remaja yang terbiasa konsumsi minuman beralkohol.

Dengan menggunakan tindakan persuasif layaknya orang tua lepada anak dan bekerjasama dengan babinkamtibmas setempat, ternyata Adolof berhasil menurunkan tindak kenakalan remaja di kampung tersebut meski belum bisa ditekan sepenuhnya.

“Ada 400 lebih kepala keluarga di kampung saya, saya merasa terimbau saja melihat generasi penerus bangsa dihantui minuman keras, makanya saya berupaya semaksimal mungkin, saya lakukan bukan karena pekerjaan tetapi karena saya melihat sebagai orangtua,” ujarnya.

Sementara itu, dua personel Polri yang dianggap heroik mendapatkan potongan tumpeng dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Potongan tumpeng pertama diserahkan Presiden Joko Widodo kepada Iptu Tatang Rosyadi yang dianggap berjasa menghentikan laju truk yang mengalami rem blong, dengan menganjalnya dengan sepeda motor miliknya. Kejadian itu terjadi pada bulan Mei 2019 lalu dimana Iptu Tatang Rosyadi bertugas sebagai Kanit II Lalu Lintas Polsek Sungai Raya di Pontianak, Kalimantan Barat.

Potongan tumpeng kedua diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Bripka Frans Yos Dumapa yang berhasil selamat dalam penyerangan KKB di Polsek Sinak, Kabupaten Puncak, Papua, serta menyelamatkan sejumlah personel polisi lainnya.

Tumpeng HUT ke-73 Bhayangkara dikawal pasukan Turangga Polri atau pasukan berkuda, 73 bendera yang dibawa paskibraka tahun 2018 serta 34 orang yang menggunakan baju adat mewakili 34 provinsi, sebagai balutan merajut persatuan dalam kebhinekaan.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam sambutannya mengatakan Polri yang saat ini memiliki 446.873 personil tersebar di 34 polda, 461 polres, dan 4872 polsek.

Berbagai perbaikan yang dilakukan Polri selama tiga tahun tersebut melalui program bernama Promoter.

“Profesionalisme, modernisasi, dan terpercaya dengan titik berat pada 3 titik utama, yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur, dan manajemen media,” kata Tito.

Peningkatan kinerja diwujudkan dengan peningkatan layanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum, dan pemeliharaan stabilitas kamtibmas secara optimal sementara perbaikan kultur terutama menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan dan menekan kekerasan eksesif. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top