Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kepala kampung tinggal di kota, dana desa disetop

Bupati Mathius Awoitauw (kedua dari kiri) saat mengunjungi Kampung Lapua di Distrik Kaureh, beberapa hari lalu – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Mathius Awoitauw mengancam menahan pencairan dana desa maupun alokasi dana kampung apabila kepala kampung lebih sering menetap di perkotaan. Sebab, seorang kepala kampung harus berada di tengah masyarakat agar bisa mengetahui persis kondisi dan permasalahan warga mereka.

“Kepala kampung dipilih oleh masyarakat sehingga wajib bertanggung jawab terhadap tugas mereka sebagai pemimpin di kampung. Kalau tinggal di kota, bagaimana bisa tahu keluhan masyarakatnya,” kata Bupati Awoitauw, Rabu (4/12/2019).

Dia mengungkapkan ada tiga kepala kampung di Distrik Kaureh selalu berada di kota. Laporan itu disampaikan masyarakat setempat sewaktu Awoitauw mengunjungi wilayah tersebut, beberapa hari lalu.

“Bisa sampai setahun (kepala kampung berada) di kota. Itu luar biasa (keterlaluan). Bagaimana mereka mempertanggungjawabkan anggaran dana desa dan alokasi dana kampung?,” tegasnya.

Bupati Awoitauw pun menginstruksikan pemerintah distrik mengawasi kinerja kepala kampung yang lebih sering menetap dan keluyuran di kota. “Kita tunggu laporan mereka. Apabila itu benar, dana desa dan alokasi dana kampungnya dihentikan sementara.”

Loading...
;

Kepala Distrik Kaureh Najamudin mengaku telah berulang kali menegur kepala kampung yang bertabiat seperti itu. “Kami sebagai pimpinan distrik sudah sering memberi teguran, tetapi tidak dipedulikan.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top