Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kepedulian dapat memberdayakan diri dan orang lain

Pertemuan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Morgo, Distrik Nabire, Rabu (13/11/2019) – Jubi/Titus Ruban.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Kelurahan Morgo, Distrik Nabire menggelar kegiatan pemberdayaan masyarakat, dan dikemas dalam sebuah pertemuan. Pertemuan membahas soal penguatan kelembagaan masyarakat, kesehatan, kelompok usaha serta kesukarelawan bencana dan tanggap darurat.

“Kami ingin mengajak masyarakat untuk peduli. Jika peduli, mereka dapat memberdayakan diri sendiri maupun orang lain,” kata Lurah Morgo Yakob Wakum, Rabu (13/11/2019).

Wakum mengatakan masyarakat harus berperan aktif dan mendukung program-program pemerintah. “Kami akan terus bersinergi dengan warga agar mereka bisa mendukung (tugas) aparat kelurahan.”

Kegiatan pemberdayaan berupa pertemuan tersebut dihadiri sekitar 30 warga. Mereka merupakan ketua RT/RW, pegawai kelurahan, dan masyarakat umum.

Loading...
;

Kepala Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Nabire Clement L Kopeu menjadi salah satu pembicara dalam pertemuan. Dia memaparkan tentang fungsi dan tugas dari taruna tanggap bencana (tagana).

“Tagana bergerak dalam bantuan sosial kebencanaan, misalnya menyiapkan tenda untuk dapur umum, (posko) kesehatan, dan penampungan warga (pengungsi). Jadi, tugasnya berbeda dengan SAR (tim pencarian dan pertolongan) atau BPBD (badan penanggulangan bencana daerah) yang mencari dan mengevakuasi korban (bencana),”  jelas Kopeu.

Dia melanjutkan anggota Tagana direkrut dari para sukarelawan, dan berusia 18-45 tahun. “Mereka merupakan (kelompok) masyarakat yang berniat dan memiliki kemauan (berkomitmen) dalam menjalankan tugas bantuan sosial kebencanaan.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top