Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kepulauan Solomon miliki tiga kandidat perempuan terpilih jadi MP

Parlemen Nasional Kepulauan Solomon di Honiara. – RNZI/ Koroi Hawkins

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Lilly Maefai, istri dari mendiang Anggota Parlemen (MP) dari Makira Timur, Charles Maefai, menjadi perwakilan dari dapil Makira Timur setelah mencapai kemenangan mutlak dengan 3.371 suara, mengalahkan mantan MP Alfred Ghiro yang mengantongi 2.175 suara. Penghitungan surat suara untuk pemilu sela diselesaikan di ibu kota provinsi Makira, Kira Kira.

Dengan hasil ini, momen baru yang bersejarah telah dicapai, karena ini adalah pertama kalinya Kepulauan Solomon memiliki tiga kandidat perempuan terpilih menjadi MP dalam satu masa jabatan.

Menurut RNZI, bagi Kepala Kantor Komisi Pemilu Kepulauan Solomon, Mose Saitala, pelaksanaan pemilu sela itu sendiri pun spesial, karena ini adalah pertama kalinya komisi pemilu negara itu melakukan uji coba pemilihan provinsi secara serentak dengan pemilu sela nasional, ungkapnya.

Saitala lalu menambahkan, untuk mendapatkan hasil yang bersejarah adalah tambahan yang memuaskan.

“Kita telah memilih untuk pertama kalinya, perempuan ketiga yang menjadi MP nasional. Jadi kita sekarang punya tiga MP perempuan untuk pertama kalinya di parlemen Kepulauan Solomon. Jadi ini adalah hasil yang sangat, sangat memuaskan,” tegasnya.

Loading...
;

Pemilu sela Makira Timur, diadakan setelah kematian mendadak mendiang suami Maefai, Charles Maefai, pada Juli. Mendiang juga merupakan seorang MP pertama yang baru terpilih tiga bulan sebelumnya.

MP perempuan lainnya di Kepulauan Solomon parlemen saat ini adalah Freda Soriacomua, MP dari Temotu Vatud dan Lanelle Tanangada, MP dari Gizo Kolombangara.

Dalam 41 tahun sejak Kepulauan Solomon merdeka dari Inggris, Lillian Maefai adalah perempuan kelima yang terpilih menjadi MP negara itu.

Perempuan pertama yang terpilih di Kepulauan Solomon adalah Hilda Kari, yang mewakili dapil North East Guadalcanal pada 1980-an. Tidak ada yang keterwakilan perempuan yang terpilih sampai pada 2012, ketika Vika Lusibaea memenangkan pemilu sela di Malaita Utara, kursi yang kosong setelah suaminya Jimmy Lusibaea dihukum karena melakukan pelanggaran pidana. (Solomon Star News)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top