Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kepulauan Solomon tolak izin perusahaan tambang Australia

Kegiatan pengeboran Axiom Mining Ltd di Provinsi Isabel, Kepulauan Solomon. – RNZI/ Supplied

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Pemerintah Kepulauan Solomon telah menolak permohonan izin ekspor perusahaan tambang nikel, Axiom Mining Ltd, dengan alasan perusahaan itu tidak memiliki izin usaha dari Provinsi Isabel.

Pada saat yang bersamaan, dari dokumen yang diperoleh oleh Island Sun, tampaknya perusahaan Australia itu sedang diserang dari dua sisi – di Kepulauan Solomon dimana permohonan izin ekspornya telah ditolak dan perlawanan dari pemilik-pemilik tanah terus berlanjut, dan di Australia dimana perusahaan itu sedang ditanyai oleh Bursa Efek Australia (ASX).

Perusahaan itu dilaporkan memiliki 40.000 ton cadangan nikel, digali di tambang San Jorge di Provinsi Isabel.

Keputusan Pemerintah Kepulauan Solomon untuk menolak permohonan izin ekspor perusahaan itu, disampaikan dalam surat yang ditandatangani langsung oleh Menteri Pertambangan dan Energi, Bradley Tovosia.

Loading...
;

Ditujukan kepada CEO Axiom Mining Ltd, Ryan Mount, surat itu mengatakan dewan Mines and Minerals Board telah menyarankan agar aplikasi Axiom ditolak, karena perusahaan itu tidak memiliki izin usaha dari pemerintah provinsi untuk beroperasi di Provinsi Isabel.

Seorang pengamat industri mengatakan kepada Island Sun, “untuk saat ini, mendapatkan izin usaha dari pemerintah provinsi pun tampaknya sulit, akibat pendirian yang diambil oleh kelompok pemilik tanah, San Jorge Land Trustees,” kata pengamat itu.

South San Jorge Land Trustees telah menulis surat terbuka kepada Premier Provinsi Isabel di Kepulauan Solomon, Lesley Kikolo, dengan tegas menolak pemberian izin usaha tambang kepada Axiom. Mereka mengklaim bahwa perusahaan itu telah gagal memenuhi syarat dan ketentuan perjanjian, yang sempat ditandatangani dengan para pemilik tanah. (The Island Sun)


Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top