Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kesbangpol Kota Jayapura sasar usia dini perkuat wawasan kebangsaan

Peserta didik di SMP Negeri 1 Jayapura saat bermain di luar ruangan. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Agar generasi muda tetap kokoh memperkuat wawasan kebangsaan, perlu adanya pendidikan yang memadai. Pendidikan ini untuk mempertahankan Bhineka Tunggal Ika, Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Supaya mewujudkan generasi muda yang berbudaya dan beretika,” kata Kakesbangpollinmas Kota Jayapura, Bernard Fingkreuw di Kantor Wali Kota Jayapura, Jumat (1511/19).

Menurut Fingkreuw, seiring berkembangnya dunia teknologi saat ini, usia muda sangat rentan disusupi dengan paham radikalisme sehingga mengikis wawasan kebangsaan.

“Pembinaan generasi muda di Kota Jayapura kami melibatkan berbagai instansi dan lembaga terkait untuk membina anak-anak usia SMP dan SMA,” kata Fingkrew.

Loading...
;

Fingkreuw menilai, generasi muda di Kota Jayapura terlihat aktif dalam mengikuti pendidikan wawasan kebangsaan.

“Terbukti dengan banyaknya siswa-siswi yang bertanya saat kami gelar sosialisasi. Kami juga mengharapkan peran orang tua dan guru dalam mendidik anak-anaknya. Apalagi, gaya hidup dan pola pikir manusia saat ini bergerak cepat dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mempengaruhi generasi selanjutnya,” jelas Fingkreuw.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dikatakan Tomi Mano, dalam Pancasila terdapat lima sila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Jayapura adalah kota majemuk karena warganya dari berbagai suku dan bangsa, yang dipersatukan dalam Bhineka Tunggal Ika. Pancasila harus terpatri dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga Kota Jayapura menjadi kuat,” jelas Tomi Mano. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top