Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kesbangpol Yalimo kerahkan 664 anggota Linmas untuk amankan Pemilu 2019

Mobil pengangkut logistik Pemilihan Umum 2019 untuk Distrik Benawa, Kabupaten Yalimo, Papua, terjebak lumpur di tanjangan Jalan Trans Jayapura-Wamena yang berada di Distrik Airu, Kabupaten Jayapura. – Jubi/Mawel

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kabupaten Yalimo, Papua, mengerahkan 664 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat atau Linmas Kabupaten Yalimo untuk turut membantu mengamankan jalannya pemungutan suara pada 17 April 2019 mendatang. Para anggota Linmas itu akan bekerja dibawah koordinasi Kepolisian Sektor Yalimo, mengamankan tempat pemungutan suara di kampung pedalaman Kabupaten Yalimo.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Yalimo, Liberius Mabel di Kota Jayapura, Senin (15/4/2019). “Bupati Yalimo telah menyerahkan sejumlah 664 anggota Linmas kepada Kepala Kepolisian Sektor Yalimo dalam apel pengamanan Pemilihan Umum 2019 yang berlangsung 1 April lalu,” ungkap Mabel.

Kabupaten Yalimo adalah salah satu kabupaten yang berada di kawasan pegunungan tengah Papua, kawasan yang dikenal memiliki keunikan karena menjalankan sistem noken atau aklamasi dalam pemungutan suara pemilhan umum. Akan tetapi, pemungutan suara Pemilihan Umum 2019 di Yalimo akan dijalankan dengan sistem pemungutan suara langsung, umum, bebas, dan rahasia. Sebagai mana daerah lain di Indonesia, pemungutan suara di Yalimo akan memakai bilik suara maupun kotak suara yang menjamin kerahasiaan pilihan pemilih.

Demi menjamin keamanan dan kenyamanan para pemilih itulah Pemerintah Kabupaten Yalimo mengerahkan 664 anggota Linmas untuk menjaga tempat pemungutan suara (TPS) di kampung pedalaman Yalimo.

Loading...
;

Mabel memastikan para anggota Linmas itu telah memahami tugas mereka sebatas menjaga keamanan dan kelancaran pemungutan suara di TPS, sekaligus tidak ada pihak lain yang mengintervensi kerja penyelenggara pemilihan umum, termasuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di TPS. “Anggota  Linmas mengamankan situasi, namun jangan masuk (dan terlibat) dalam kepentingan (para peserta Pemilihan Umum 2019),” kata Mabel.

Mabel menyatakan para anggota Linmas juga mengamankan logistik Pemilihan Umum 2019 (pemilu 2019) yang telah dikirimkan ke distrik. Mabel sendiri baru pulang setelah mengamankan pengiriman logistik Pemilu 2019 ke Distrik Benawa.

“Saya dan para anggota Linmas juga mengamankan pengiriman logistik Pemilu 2019 ke Distrik Benawa melalui jalan darat. Linmas menjadi barisan terdepan dalam mendukung kerja polisi mengamankan pemungutan dan penghitungan suara di Yalimo,” kata Mabel.

Sekretaris Distrik Benawa, Yafet Awatu mengatakan pihaknya terbantu dengan keberadaan anggota Linmas yang diperbantukan untuk mengamankan pemungutan dan penghitungan suara di Distrik Benawa. “Kita akan kordinasikan dengan anggota Linmas, (bagaimana mengamankan) 53 kampung di Distrik Benawa sehingga warga bisa menggunakan hak pilihnya dengan bebas,”ungkap Awatu.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top