Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kesepakatan Solomon dengan perusahaan Tiongkok mengkhawatirkan

Pulau Tulagi. – RNZI/Wikimedia commons/mjwinoz

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Satu provinsi di Kepulauan Solomon telah sepakat untuk menyewakan sebuah pulau besar kepada perusahaan pengembang Tiongkok, untuk dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), beberapa minggu setelah negara itu memulai hubungan diplomatik resmi dengan Tiongkok.

Sekelompok ahli berkata pengaturan di Provinsi Tengah ini akan memberi perusahaan pengembang ini, serta perusahaan Tiongkok lainnya, jalur strategis untuk masuk ke Kepulauan Solomon, yang sampai bulan lalu adalah satu dari beberapa sekutu Taiwan yang semakin berkurang di Pasifik.

Pemerintah Kepulauan Solomon telah beralih dari Taiwan kepada Tiongkok, dan langkah ini diharapkan akan menjanjikan lebih banyak pembangunan di negara itu.

Perjanjian Provinsi Tengah, yang telah ditandatangani 22 September lalu, akan memberikan perusahaan pengembang raksasa Sam Group yang berbasis di Beijing, izin pembangunan eksklusif selama lima tahun di Pulau Tulagi dan pulau-pulau sekitarnya, menurut salinan yang diterbitkan di Facebook pada Jumat lalu (11/10/2019), oleh suatu kelompok orang muda Kepulauan Solomon yang pro-Taiwan.

Loading...
;

RNZ Pacific telah berhasil mengecek keabsahan salinan itu dengan dua sumber yang memahami isi perjanjian ini.

Saat ditanyai, pemimpin Provinsi Tengah, Stanley Manetiva, membenarkan bahwa ia telah menandatangani ‘perjanjian kerja sama strategis’ di Honiara dengan perwakilan Sam Group, tetapi menekankan kesepakatan itu tidak mengikat secara hukum, dan perusahaan terkait harus tetap mematuhi hukum lokal dan menghormati hak-hak pemilik tanah di Tulagi.

Menurut pernyataan di situs web Sam Group, delegasi dari Kepulauan Solomon telah mengunjungi kantor pusatnya pada bulan Agustus.

Namun tidak semua pihak yakin bahwa kesepakatan dengan Sam Group itu tidak mengikat, seperti yang ditegaskan oleh Manetiva.

Wakil ketua kubu oposisi Kepulauan Solomon, MP Peter Kenilorea Junior, khawatir izin pembangunan itu masih akan berlanjut.

Sebagai bagian dari perjanjian itu, Sam Group juga dapat mensurvei pulau tersebut untuk eksplorasi migas, namun Kenilorea Junior menegaskan adanya gerakan anti-pertambangan yang cukup besar di pulau itu.

Provinsi Tengah terletak dekat Pulau Guadalkanal, dimana ibu kota Honiara, berlokasi. (RNZI)

Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top