Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Ketersediaan barang kelontong di Wamena menipis

Foto ilustrasi, pesawat maskapai Trigana Air melayani pengiriman barang di Papua. – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Penanggung Jawab Operasional Grup CV Maju MakmurNur Udin selaku salah satu distributor barang kelontong di sejumah kabupaten pegunungan tengah Papua menyatakan ketersediaan barang kelontong di Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya, telah menipis. Sejak dua bulanan terakhir, pesawat angkutan barang diprioritaskan bagi angkutan beras Bulog, bahan bangunan, serta bahan bakar minyak,  sehingga pasokan barang kelontong ke Wamena tersendat.

“Sudah sejak dua atau tiga bulan ini kami susah kirim barang kelontong ke Wamena, karena tidak ada pesawat pengangkut. Pesawat pengangkut barang ke Wamena diprioritaskan untuk beras Bulog, bahan bangunan, dan bahan bakar minyak,” kata Nur Udin saat dihubungi melalui telepon di Jayapura, Selasa (24/9/2019).

Sebagai salah satu tumpuan pemasok barang kelontong bagi beberapa kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua, CV Maju Makmur sudah menerima banyak pesanan barang dari para pedagang eceran di Wamena dan sekitarnya. “Sudah banyak yang meminta barang namun pesawat tidak ada. Biasanya kami menggunakan pesawat Trigana,” lanjut Nur.

Ia tak mengetahui dampak keterbatasan stok terhadap harga jual barang kelontong di Wamena. Namun Nur memastikan para pedagang eceran di Wamena sudah lama mengeluh kekurangan persediaan barang kelontong. “Dengan adanya kejadian [amuk massa] yang terjadi Senin pekan ini, tentu akan semakin berdampak terhadap ketersediaan barang kelontong di Wamena,” kata Nur.

Loading...
;

Nur menuturkan ia mendapat sejumlah informasi dari pelanggan yang kehilangan toko atau kios karena terbakar dalam amuk massa yang terjadi pada Senin itu. “Hari ini sebagian [pelanggan kami sudah] jualan, dan ada yang tidak [berjualan]. [Mereka] menunggu keadaan yang kondusif,” katanya.

Manager Area Trigana Air Papua, Bustomi mengakui sejak dua bulanan terakhir pihaknya mengurangi penerbangan angkutan barang dari Jayapura menuju Wamena. Pengurangan penerbangan angkutan barang itu terjadi karena salah satu Boeing 737/300 armada Trigana Air sedang menjalani perawatan rutin di Surabaya.

“Memang betul [layanan penerbangan angkutan barang Trigana Air berkurang, karena pesawat kami yang memasuki major inspection di Surabaya selama dua bulan. Kami berharap perawatan itu dapat segera diselesaikan, karena kami tidak memiliki pesawat pengganti,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top