Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Keterwakilan Perempuan di parlemen Papua hanya jadi pelengkap loloskan Parpol

Sekretaris Pokja Perempuan MRP Orpa Nari –Jubi/David Sobolim

Jayapura, Jubi- Pada Pemilu 2019 ini, hanya ada lima kursi legislatif yang diduduki oleh perempuan di DPRD Provinsi. Kurangnya keterwakilan politik perempuan Papua itu, menjadi alasan disusunnya sebuah Perdasus untuk orang asli Papua .

Sayang, Perda khusus itu belum bisa diterapkan. Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) telah mengesahkan Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) tentang partai politik lokal dan rekrutmen politik orang asli Papua sejak 9 September 2016. Akan tetapi, setelah dua tahun berlaku, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) belum juga meregistrasi Perdasus itu, sehingga Perdasus itu tidak bisa dijalankan.

Kehadiran perempuan papua ke MRP untuk menindaklanjuti aspirasi perempuan Papua, karena partai politik hanya memanfaat perempuan untuk partai lolos. Dan banyak perempuan yang menjadi korban dalam pemilihan demokrasi tahun 2019 ini. Begitu kata Orpa Nari Sekretaris Pokja Perempuan MRP, Selasa (21/5/2019) .

“ Perempuan juga bisa membatalkan hasil pleno KPU jika tidak ada perempuan yang lolos atau di bawah 30 persen,” ujarnya

Dia mengatakan, dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD, telah mengatur keterwakilan perempuan sekurang-kurangnya 30 persen pada kepengurusan Partai Politik dan selanjutnya dalam pencalonan legislatif. “Tetapi di Papua, terjadi sebaliknya,” ujarnya.

Loading...
;

Untuk menghindari tidak terjadi hal-hal perampasan politik perempuan OAP Papua harus mempunyai Perdasus. Karena itu menurutnya partai yang ada di Papua harus menaati Perdasus itu agar keterwakilan itu bisa terakomodir .

Sebelumnya Fian Yarangga aktivis HAM Papua menegaskan, keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen sebagai anggota legislatif bukan lagi menjadi wacana, melainkan telah menjadi keharusan partai politik yang ikut Pemilu.(*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top