Keuskupan Agung Merauke dampingi OAP Kampung Senayu buka lahan sawah

Keuskupan Agung Merauke dampingi OAP Kampung Senayu buka lahan sawah

Ketua PSE Keuskupan Agung Merauke, Bruder Johny Kilok, sedang diskusi dengan masyarakat Kampung Senayu – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Keuskupan Agung Merauke akan mendampingi orang asli Papua (OAP) di Kampung Senayu, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke untuk pembukaan areal persawahan.

“Memang ada rencana untuk dilakukan cetak sawah. Ini adalah program dari Bagian Perekonomian Setda Merauke,” ujar Ketua Komisi PSE Keuskupan Agung Merauke, Bruder Johny Kilok, kepada Jubi, Kamis (16/5/2019).

Selama ini, lanjut Bruder Johny, dari bagian Perekonomian Setda Merauke mencari mitra untuk pemberdayaan terhadap masyarakat lokal.

“Saya dihubungi salah seorang teman dan akhirnya bertemu Kabag Perekonomian sekaligus membicarakan lebih lanjut,” katanya.

Lalu, jelas bruder, disepakati kampung yang menjadi sasaran pembukana lahan yakni Senayu. Karena di sana adalah masyarakat orang asli Papua.

“Kami sudah melakukan pertemuan bersama warga dan mereka merespons secara positif sekaligus dibentuk kelompok,” ujarnya.

Dikatakan, masyarakat  juga telah diminta mencari hand-traktor untuk kegiatan pembajakan, sekaligus launching yang akan dihadiri Kabag Perekonomian Setda Merauke.

“Tahap awalnya dibuka empat hektar dan kegiatan penanaman direncanakan bulan ini juga, setelah pembajakan selesai dilakukan. Saya bersama Pastor Paroki Erom, Raymond Raja Doren, Pr akan melakukan pendampingan melekat kepada masyarakat,” ujarnya.

Jika ujicoba empat hektar berhasil, menurutnya, akan dikembangkan tahun depan dengan skala lebih luas. Termasuk membuka di Erom Kampung, karena di sana banyak orang asli Papua.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, Edy Santoso, beberapa waktu lalu, mengatakan beberapa distrik dan kampung menjadi target  pembukaan lahan persawahan karena prospek bidang pertanian sangat baik.

“Kita sudah mendampingi masyarakat di beberapa distrik untuk pembukaan areal persawahan dalam skala luas dan hasilnya sangat menggembirakan. Selain PPL diterjunkan, juga bantuan alat pertanian termasuk bibit maupun pupuk dan lain-lain,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)