Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

KNPB bantah tudingan terlibat aksi bela Lukas Enembe

Seruan aksi bela Lukas Enembe yang dikoordinir KNPI provinsi Papua (Jubi/Facebook Anias Lengka)

Jayapura, Jubi – Agust Kosay, Ketua umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dengan tegas menolak anggapan sejumlah pihak, yang menyebut jika organisasi itu terlibat aksi bela Lukas Enembe, Gubernur Papua, melawan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saya dengan tegas bilang, itu tidak benar,”kata Kosay kepada jurnalis Jubi pada Selasa (11/02/2019) Waena, Kota Jayapura.

Jikapun ada anggota yang terlibat, maka menurutnya  itu merupakan urusan pribadi atau atas dasar ikatan emosional.

Dia menegaskan posisi KNPB tidak membela koruptor. KNPB ada untuk membela rakyat yang tertindas. Dia malah menilai bahwa selaku Gubernur, maka Lukas Enembe merupakan pelaksana sistem kolonial.

Karena itu, menurutnya rakyat Papua tidak perlu bela Lukas Enembe. Enembe pun tidak bisa mencari perlindungan rakyat.

Loading...
;

“Hadapi konsekuensi itu. KNPB bersama rakyat. Tidak ada untuk bela dan lawan yang begitu,KNPB ada hanya untuk hak penentuan nasib sendiri rakyat Papua,”ujarnya.

Kalau pun ada yang menilai KNPB terlibat dengan sejumlah aktivis yang terlibat, maka itu aksi individu. Aksi solidaritas sebagai orang Papua.

“Itu bukan keputusan organisasi. Tetapi individu,”ujar dia.

Anis Lengka, ketua Solidaritas Anti Miras dan Narkoba Kota Jayapura mengatakan dirinya membela Enembe,  karena sang gubernur dinilainya punya  keberpihakan  kepada orang asli Papua.

“Saya tidak lihat dia sebagai pejabat negara, tetapi dia sebagai orang Papua. Hatinya untuk orang Papua,”katanya kepada jurnalis Jubi, Senin (12/02/2019)

Kata dia, dirinya merasa penting untuk bela Enembe. Karena baginya, Enembe telah berbuat banyak sebagai tindakan keberpihakan kepada orang asli Papua.

“Hanya Tuhan yang tahu lubuk hati Lukas Enembe,”kata Lengka.

Sekedar diketahui, aksi bela Lukas Enembe akan digelar di Ibu Kota Jayapura pada 13 Februari 2019. Aksi akan digelar di halaman kantor Gubernur Papua.(*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top