Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

KNPB : Pembatasan akses internet di Papua untuk tutupi kesalahan Pemerintah

Pemblokiran akses Internet di Papua – Jubi/ Ist

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menilai pembatasan internet di tanah Papua merupakan bentuk kegagalan pemerintah Indonesia menangani kasus di Papua.

Ketua Umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat, Agus Kossay ketika ditemui Jubi, Kamis (22/8/2019) mengatakan, tak paham apa alasan dibalik pemblokiran akses internet di Papua ini. Padahal Pemerintah mengaku bisa mengatasi konflik di Papua.

“Kami pikir internet tidak hanya digunakan orang yang bicara Papua Merdeka saja, tapi semua orang mengunakannya baik itu mahasiswa, akademisi, karena semua kalangan membutuhkan internet untuk komunikasi dan informasi terutama situasi ekonomi, pendidikan, kesehatan dan lainnya,” kata Kossay.

KNPB menilai, pemblokiran internet yang dilakukan Pemerintah justru menambah rumit persoalan di Papua.

Loading...
;

“Masa ketika situasi di Papua mencekam kemudian mereka (negara) bisa kasih hancur jaringan internet di Papua? Dengan cara-cara seperti ini, mereka (Negara Indonesia) menunjukkan kebodohan mereka kepada dunia dan kepada rakyat Papua bahwa negara tidak mampu menangani masalah sehingga membatasi akses internet di Papua,” katanya.

Pembatasan ini juga kata Kossay, merupakan langkah yang tidak bermartabat. Sebagai negara yang besar, tak seharusnya Indonesia melakukan tindakan memalukan dengan membatasi akses informasi masyarakat Papua.

“Dari KNPB, bila negara dewasa segera buka jaringan (aktifkan internet), kembali,” katanya.

Kossay menilai, anggapan jika jaringan internet lancar akan meminimalisir hoaks sama sekali tak berdasar.

“Indonesia boleh bilang hoaks tetapi sekarang yang sebarkan berita hoaks siapa? Itu negara sendiri, salah satunya itu mematikan akses internet di Papua jangan sampai video persekusi dan rasisme di terhadap mahasiswa Papua terungkap pelaku sebenarnya di lapangan sesuai fakta,” katanya.

Sebelumnya, PT Telkomsel menyatakan akan terus ikuti perintah pemblokiran layanan data di Provinsi Papua dan Papua Barat hingga waktu yang belum ditentukan. (*)

Editor : Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top