Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

KNPI minta rute penerbangan Biak – Honolulu dibuka lagi

Sejumlah 700 aktivis Komite Nasional Pemuda Indonesia atau KNPI telah menggelar Rapat Kerja Daerah Rakerda di Kabupaten Biak Numfor 19 Maret 2019 lalu. Rapat Kerja Daerah KNPI Provinsi Papua dihadiri pengurus KNPI di tingkat kabupaten/kota, organisasi kepemudaan, organisasi kemahasiswaaan, maupun para simpatisan KNPI.

Sementara itu Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia KNPI Albert G Wanimbo mengatakan, hasil raker ini akan dipresentasikan kepada Gubernur Provinsi Papua.

“Program program yang telah diusulkan oleh pemuda pemudi Papua akan diselaraskan dengan organisasi perangkat daerah atau OPD terkait, maupun kementerian terkait untuk merealisasikan program serta usulan,” katanya.

Albert Wanimbo mengatakan, pihaknya juga merekomendasikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Biak Numfor untuk mendororong dibukanya kembali rute penerbangan internasonal yang menghubungkan Biak dan Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat. “Kami minta kepada Bupati Biak Numfor agar (mendorong) dibukanya kembali akses dari Biak menuju Honolulu dan Los Angeles, agar dapat menarik wisatawan ke Pulau Biak,” katanya.

Loading...
;

Lanjut Albert Wanimbo, para pemuda potensial yang hadir dan para pengurus DPD KNPI Provinsi Papua akan berusaha meletakan dasar-dasar bijak dan pemikiran untuk membangun kapasitas pemuda dalam melayani masyarakat melalui wadah KNPI.

Untuk itu, Raker KNPI Provinsi Papua merumuskan program prioritas dan program keunggulan yang kemudian direkomendasikan kepada Gubernur Papua Lukas Enembe maupun bupati/wali kota se-tanah Papua.

“Adapun pikiran-pikiran kita yang pertama ada sejumlah agenda yang kami tetapkan disini bagaimana kita akan bekerja sama antara Pemerintah Provinsi Papua melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah atau SKPD terkait,” katanya.

Wanimbo mengatakan, sejumlah pikiran strategis akan dimintakan dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua untuk merekomendasikannya kepada kementerian terkait. “Salah satunya yang menjadi pikiran prioritas kita untuk generasi emas Papua, maka kami berharap kedepan akan ada panti-asuhan di papua,” katanya.

Albert Wanimbo mengatakan, gagasan itu akan disampaikan kepada Gubernur Papua agar dapat merekomendasikannya kepada Kementerian Sosial ataupun dinas terkait lainnya. Panti asuhan itu dinilai penting antara lain untuk memelihara anak terlantar. “Supaya bisa membantu anak-anak aibon, anak jalanan untuk kita bisa di bina di panti-asuhan ini merupakan salah satu contoh kasus,” katanya.

Lelaki yang akrab disapa AGW mengatakan, KNPI sengaja  memilih untuk Raker di Biak karena prihatin dengan kondisi aksesibilitas Biak yang dahulu dikenal dunia luar karena Bandara Udara Internasional Frans Kaisiepo pernah memiliki rute penerbangan Internasional dari Biak ke Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya.

“Hal ini salah satu yang menjadi keprihatinan DPD KNPI Provinsi Papua melakukan kegiatan-kegiatan disini untuk bagaimana bersama-sama dengan pihak Pemerintah Provinsi Papua dan kita akan sama-sama bersuara kepada Presiden Republik Indonesia dalam bentuk apapun. Kita akan buat kegiatan seminar besar untuk bagaimana membuka akses yang terputus disini. Kita lihat bahwa kota Biak adalah tempat cocok untuk disini adalah sektor pariwisata,” katanya.

Wanimbo menambahkan, KNPI melihat hotel-hotel dan pariwisata lainnya tidak tergarap dengan baik. Untuk itu pemuda Papua hadir disini untuk berusaha semaksimal mungkin membantu Pemerintah Kabupaten Biak Numfor untuk menyuarakan masalah itu kepada Pemerintah Provinsi Papua dan pemerintah pusat.

“Dalam rangka PON 2020 apalagi di Biak ini  ada banyak klaster-klaster. Jalur ini sangat penting supaya orang-orang yang datang dari luar itu datang tidak melalui Jakarta dan Bali saja tetapi langsung ke Papua untuk menyaksikan PON.”

Kata AGW, melalui momentum ini pihaknya akan bangun komunikasi dengan seluruh  bupati/wali kota agar akses untuk penyaluran ikan dari daerah pantai bisa sampai ke gunung, dan sayur-sayur segar dari gunung bisa sampai ke daerah pantai. “Kita berharap Pemerintah Provinsi Papua tolong menjadwalkan waktu bagi KNPI untul mempresentasikan hasil Rapat Kerja Daerah ini,” katanya. Selanjutnya, semua hasil Rapat Kerja Daerah DPD KNPI Papua akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Papua serta seluruh pemerintah daerah kabupaten/kota di provinsi Papua.

Albert Wanimbo megatakan, terkait dengan tertundanya rekruitmen relawan PON 20 Tahun 2020.”Saya menyampaikan permohonan maaf sebab kondisi hari ini tidak memungkinkan. Nanti setelah berkoordinasi dengan Gubernur Papua selaku Ketua Panitia Besar PON. Setelah beliau keluarkan SK, kami akan memulai perekrutan relawan PON untuk wilayah Saireri di Jayapura,” katanya.

Ketua Panitia penyelenggara Rapat Kerja Daerah KNPI Otniel Deda mengatakan, pihaknya menyampaikan terimakasih kepada Panitia Lokal, Bupati Biak Numfor, DPD KNPI kabupaten/kota se-Papua, Pengurus KNPI Provinsi Papua, yang telah bekerja keras sehingga Rakerda KNPI ini bisa berjalan baik.”Apabila selama rekan rekan mengalami kekurangan mohon dimaafkan,” katanya.

Otniel Deda mengatakan, apapun usulan rapat kerja ini akan dirumuskan kemudian, dan dilaksanakan oleh masing-masing bidang. “Saya harap agar pemuda pemudi tetap bersatu dan melaksanakan semua agenda, dengan visi menyatukan pemuda bangun Nusantara,” katanya.

Otniel mengatakan, dirinya menyampaikan terimakasih kepada peserta Yang telah menjaga keamanan dan kenyamanan di kota Biak. “Sebelum kami sudah mengingatkan kepada peserta dilarang keras untuk melakukan hal-hal yang melanggar hukum. Jangan berangkat dalam keadaan minum alkohol. Saya harap kita berangkat dalam keadaan aman. Tugas organisasi harus aman. Semua menjaga ketertiban, dan mereka membuktikannya,” katanya.

Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Papua Doren Wakerkwa ketika membuka Rapat Kerja Daerah ke-XV KNPI Provinsi Papua mengatakan, KNPI merupakan kepemudaan yang berfungsi membina dan mempersiapkan generasi muda Papua agar dapat menjadi pemimpin yang handal di masa depan.

“Sebagai sentral pembinaan pemuda KNPI di tuntut untuk tetap memposisikan diri sebagai lembaga independen dan strategis yang mau menampung dan menyalurkan aspirasi pemuda secara komperhensif. (KNPI juga diharapkan)  mudah menjawab tuntutan perkembangan zaman sehingga terjadi komunikasi yang lancar dinamis, bermartabat dalam menyelesaikan masalah-masalah kepemudaan sebagai bagian internal dalam permasalahan bangsa khusus di Provinsi Papua,” katanya.

Doren Wakerkwa mengatakan, KNPI yang merupakan wadah berhimpun organisasi kemasyarakatan harus senantiasa mengedepankan keterbukaan dan independen sebagai mitra pemerintah dalam perjalanan yang sudah tidak diragukan keberadaannya.

“Dalam keberlangsungan organisasi KNPI senantiasa memposisikan diri sebagai pemersatu dan berkat seluruh komponen pemuda Indonesia. Ketua KNPI Papua beserta seluruh pengurus yang saya hormati, perlu saya sampaikan dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia generasi mudah memiliki dinamika militansi, idealisme dalam mencetuskan ide-ide pembaharuan.

Seperti dibuktikan pada tahun 1908 kebangkitan nasional pada tahun 1928 lahirnya sumpah pemuda, tahun 1945 dengan sanggup mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dan Pada tahu 1973 terbentuknya deklarasi pemuda yang melahirkan KNPI. Ia mengingatkan, generasi pemuda bangsa punya peranan penting, generasi mudah bentuk pemuda yang luar biasa. Pemuda harus kuat, berani, punya kekompakan, punya integritas, kepintaran, kemampuan.

Wadah organisasi pemuda provinsi Papua telah kita dibentuk dari tahun-ketahun generasi mudah KNPI Papua sudah melaksanakan bersama pemerintah. Hari ini merupakan pertama kali kita melaksanakan Raker yang ke-XV ini cukup luar biasa, sesuai dengan kesepakatan panitia raker hanya 600 orang tetapi ternyata sudah mencapai 700 orang ini merupakan semangat pemuda luar biasa.

Sejarah tercatat dalam kepemimpinan bapak gubernur Papua Lukas Enembe, membuktikan bahwa generasi mudah Papua yang kumpul di Biak ini mencapai 700 orang. “KNPI punya peranan penting untung generasi mudah bangsa, KNPI sekarang harus bangkit, “ ujarnya.(*)

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top