Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

KNPI usul taman kota di Sentani diberi nama Theys Hiyo Eluay

 

Sekda Kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi, saat membagikan setangkai bunga kepada seorang sopir di hari kasih sayang – Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Momentum hari kasih sayang sedunia, dimanfaatkan oleh DPD KNPI Kabupaten Jayapura menggelar acara bagi-bagi bunga kepada masyarakat dengan melibatkan Forkopimda Kabupaten Jayapura, tokoh masyarakat, adat, perempuan, dan agama.

Selain itu juga ada deklarasi penyediaan taman kota untuk mewujudkan Go Adipura 2019 bagi pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Jayapura.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman makam Alm. Theys Hiyo Eluay untuk penandatangan deklarasi, dan pembagian bunga di simpang tiga Bandara Sentani, Kamis (14/2/2019).

Loading...
;

Ketua KNPI Kabupaten Jayapura, Ted R. Suebu, dalam sambutannya mengatakan pihaknya dalam melaksanakan kegiatan dalam rangka memperingati hari kasih sayang sedunia 2019 ini telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak untuk melakukan kegiatan yang bersifat positif bagi masyarakat.

Sehingga, kata Ted, kegiatan pembagian bunga dan deklarasi penyediaan taman kota dapat dilaksanakan atas dukungan semua pihak.

“Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat aktif dalam kegiatan yang sudah dilaksanakan saat ini, secara khusus kepada Bapak Ondofolo Yanto Eluay yang telah memberikan tempat ini sebagai tempat digelarnya kegiatan tetapi juga sebagai tempat yang akan dibangun sebuah taman kota,” ujar Ted Suebu.

Dikatakan, pencanangan Go Adipura 2019 sudah dalam tahap pelaksanaan pembangunan infrastruktur pendukung yang juga sebagai penilaian yang wajib disediakan oleh pemerintah daerah, salah satunya adalah taman kota.

Oleh sebab itu, lanjut Suebu, KNPI Kabupaten Jayapura melakukan deklarasi di tempat ini sekaligus mendorong pemerintah daerah untuk penyediaan taman kota di sini dengan nama Taman Kota Theys Hiyo Eluay Sentani City.

“Siapa yang tak kenal dengan Alm. Theys Hiyo Eluay. Beliau selama hidupnya adalah pejuang hak asasi manusia dibawah bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tetapi Beliau juga bagian dari sejarah Pepera. Oleh karena itu sudah sewajarnya nama Beliau diabadikan di taman kota yang akan dibangun,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura, Hana Hikoyabi, mewakili Bupati Jayapura, mengatakan pemerintah daerah menyampaikan banyak terima kasih kepada Ondofolo Yanto Eluay yang telah memberikan lahan dan makam Theys Eluay untuk dijadikan sebagai taman kota.

“Di tempat ini juga selain dibangun taman kota akan dijadikan sebagai memorial park Theys Hiyo Eluay. Taman ini akan digunakan oleh semua masyarakat sebagai tempat rekreasi tetapi juga dapat mengenang semua jerih payah Alm. Theys Eluay sebagai bapak kita bersama yang telah berjuang atas hak-hak dasar keamanusiaan di negara yang kita cintai bersama,” jelasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top