Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Koalisi Pengacara HAM akan gugat Polda Papua

Dari kejauhan nampak mahasiswa Papua yang sempat ditahan di Mako Brimob Polda Papua, sebelum sebagian di antaranya dipulangkan – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Koalisi Pengacara Hak Asasi Manusia (HAM) Papua berencana menggugat Polda Papua atas penangkapan sejumlah mahasiswa pasca-insiden di Ekspo Waena, Distrik Heram Kota Jayapura.

Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua, Emanuel Gobai menilai penangkapan dan penetapan tersangka oleh polisi tidak sesuai prosedur.

“Ada beberapa langkah yang akan kami tempuh. Salah satunya kami akan menggugat Polda Papua. Akan kami diskusikan lagi dalam tim Koalisi Pengacara HAM Papua untuk pemantapan,” kata Emanuel Gobai kepada Jubi, Rabu (25/9/2019).

Seperti diketahui, sebanyak 733 mahasiswa ditangkap pasca-insiden di Ekspo Waena, Distrik Heram Kota Jayapura. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh polisi, sebanyak 726 mahasiswa dipulangkan karena tidak terbukti bersalah, sementara tujuh orang lainnya kini ditetapkan sebagai tersangka.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, tujuh orang ditetapkan sebagai tersangka karena diduga melakukan tindakan kriminalitas dalam insiden itu. Ia mengungkapkan, dua dari tujuh tersangka bukanlah mahasiswa. Diduga keduanya merupakan aktivis Komite Nasional Papua Barat atau KNPB.

“Dari tujuh orang tersebut, ternyata dua orang di antaranya bukan mahasiswa,” katanya.(*)

Loading...
;

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top