HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Komisi I DPRP tanyakan perkembangan pembangunan arena PON

Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Orgenes Wanimbo. – Jubi/ Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Papua atau DPRP meminta seluruh instansi di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua yang terkait dengan persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX mengumumkan perkembangan persiapan Papua menjadi tuan rumah PON XX. Komisi I DPRP khawatir proses pembangunan sarana dan arena pertandingan PON XX tidak berjalan lancar.

Ketua Komisi I DPRP, Orgenes Wanimbo menyatakan ia tidak ingin melihat Papua dianggap menjadi tuan rumah PON yang gagal. Ia meminta seluruh instansi yang terkait penyelenggaraan PON XX mengumumkan perkembangan kerja mereka menyiapkan penyelanggaran PON XX Papau pada 2020.

“[Instansi yang terkai dengan persiapan penyelenggaraan PON] harus [mengumumkan perkembangan kerjanya secara] terbuka, agar semua pihak bisa memberikan masukan untuk mensukseskan PON. Gubernur sudah memperjuangkan Papua menjadi tuan rumah PON, sehingga pelaksannanya mesti sukses,” kata Orgenes Wanimbo kepada Jubi, Selasa (18/6/2019).

Wanimbo menyatakan hingga kini pihaknya belum melihat perkembangan nyata dari pembangunan sarana dan arena pertandingan atau venue PON di Papua. Wanimbo mengingatkan para pemangku kepentingan penyelenggaraan PON XX untuk terus mengecek pembangunan arena pertandingan di lima kluster penyelenggaraan PON di Papua, yaitu Jayapura, Merauke, Biak, Timika dan Jayawijaya.

Loading...
;

Wanimbo berharap monitoring itu akan mampu menemukan potensi masalah, termasuk kemungkinan klaim hak ulayat atas lokasi pembangunan arena pertandingan PON. Wanimbo berharap Pemerintah Provinsi Papua harus secepatnya menyelesaikan hak-hak masyarakat adat atas tanah ulayatnya, agar proses pembangunan sarana dan arena PON dapat terlaksana tanpa hambatan.

Wanimbo juga berharap masyarkaat pemilik hak ulayat lokasi pembangunan sarana dan arena PON XX tidak mempersulit proses pelepasan adat tanahnya, mengingat keterbatasan waktu pembangunan sarana dan arena PON XX. “Saya sendiri ragu jika semua lahan yang ditetapkan menjadi lokasi pembangunan venue PON sudah tuntas dibicarakan dengan masyarakat adat,” ujarnya.

Ketua harian Panitia Besar PON Papua, Yunus Wonda mengatakan sebagai tuan rumah Provinsi Papua telah mempersiapkan semua yang menjadi tanggung jawabnya. Wonda mengakui, banyak pihak pesimis Papua akan mampu merampungkan persiapan PON XX.

“Memang banyak kalangan yang pesimis pengerjaan sarana PON tidak akan selesai sesuai dengan jadwal. Namun, kami memastikan semuanya tetap berjalan sesuai dengan tahapan yang ada,” kata Yunus Wonda.

Pembangunan arena pertandingan PON di sejumlah wilayah yang merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Papua menurutnya, ditargetkan rampung akhir tahun ini. Sedangkan arena pertandingan yang dibangun pemerintah pusat dijadwalkan selesai pada Juni 2020.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top