Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Komisi IV DPR RI tinjau budidaya ikan di Kampung Yoboi

Rombongan Komisi IV DPR RI dan Forkopimda Kabupaten Jayapura saat menabur bibit ikan di keramba milik warga – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Jayapura mengunjungi Kampung Adat Yoboi Distrik Sentani.

Dalam kunjungan tersebut, Komisi IV bertemu secara langsung dengan masyarakat perikanan dan petani sagu sekaligus memberikan 5.000 bibit ikan air tawar dan pakan ternak serta pupuk untuk tumbuhan sagu di kampung tersebut.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten I Setda Kabupaten Jayapura mewakili Bupati Jayapura, Forkopimda, serta unsur pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Jayapura.

Ketua Tim Komisi IV DPR RI, Michael Wattimena, mengatakan dalam kunjungan ini pihaknya ingin melihat secara langsung budidaya ikan air tawar dan sagu di Kampung Yoboi.

Loading...
;

Dikatakan, dari laporan pemerintah daerah masa pertumbuhan sagu di daerah ini mencapai 10-12 tahun, oleh sebab itu pihaknya mengusulkan agar proses pertumbuhan tanaman sagu dipercepat dari yang alami. Tentu dengan menggunakan teknologi pertanian yang sudah berhasil diterapkan di tempat lain.

“Jumlah luasan lahan sagu dan daya konsumtif masyarakat sangat tidak seimbang. Apalagi satu pohon dalam masa pertumbuhannya mencapai 10-12 tahun. Oleh sebab itu kami usulkan melalui Kementerian Pertanian agar teknologi pertanian khususnya tanaman sagu dapat dipercepat masa pertumbuhannya antara 5-7 tahun sudah dapat dipanen,” kata Wattimena, yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, saat ditemui Jubi di Kampung Yoboi, Jumat (15/2/2019).

Michael Wattimena juga mengatakan pihaknya telah membantu masyarakat nelayan dengan menaburkan bibit ikan sebanyak 5.000 ekor di masing-masing kelompok usaha bersama di Kampung Yoboi.

“Ke depan kita sudah ada rencana untuk menaburkan ikan air tawar di Danau Sentani sebanyak 1 juta ekor. Dengan keberadaan danau yang indah ini kita juga berharap agar masyarakat dapat menjaga serta merawat dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, dalam laporannya menyebutkan Kampung Adat Yoboi telah dicanangkan sebagai Kampung Wisata Sagu.

“Kampung Yoboi memiliki luas hutan sagu seluas 30 ribu hektar dan dikelola secara alami oleh masyarakat. Oleh sebab itu, kampung ini telah dijadikan sebagai kampung wisata sagu. Ke depan, sagu akan dikelola secara profesional sebagai potensi sumber daya alam di kampung ini untuk kepentingan peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top