Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Komisi Referendum Bougainville yakin proses penghitungan suara akan efisien

Bougainville Referendum Commission hanya akan mengumumkan jumlah suara akhir serta kertas suara yang rusak. – RNZI / Johnny Blades

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Buka, Jubi – Komisi Referendum Bougainville (Bougainville Referendum Commission; BRC) telah memastikan prosedur yang akan digunakan di pusat penghitungan suara, dan yakin prosedur ini akan menjamin proses yang akurat, dapat dipercaya, dan aman.

Pada Jumat pekan lalu, komisaris-komisaris BRC mengamati secara langsung uji coba prosedur pengawasan dan penghitungan kertas suara referendum, dan dikatakan puas dengan efisiensi dan pengaturan prosesnya.

Komisaris George Manu berkata “kami sebagai komisi sangat puas karena kami memiliki prosedur terbaik dalam pengawasan dan penghitungan surat suara yang akurat dan aman. Kami akan melatih staf kami selama beberapa minggu ke depan mengenai prosedur ini. Dibandingkan dengan pemilihan umum lainnya di Bougainville dan Papua Nugini, proses penghitungan ini lebih sederhana – dengan hanya dua opsi untuk setiap surat suara.”

“Kami telah menyaksikan bagaimana kotak suara yang dikunci akan diantarkan ke pusat penghitungan suara untuk diverifikasi, kemudian kertas suara juga akan diverifikasi dan diperiksa sebelum proses penghitungan dilakukan. Baru setelah verifikasi dan pengecekan, semua kertas suara akan dicampur, dicermati, dan dihitung.”

Loading...
;

Proses verifikasi dan penghitungan akan dimulai di pusat penghitungan suara Buka setelah pemungutan suara ditutup pukul 6 sore, pada 7 Desember mendatang. Pegawai-pegawai lalu akan bekerja sepanjang semalam, dengan tiga shift selama delapan jam tiap shift, untuk memastikan proses ini diselesaikan seefisien mungkin.

Dalam pertemuan BRC selama akhir pekan kemarin, Kepala BRC, Bertie Ahern, mengungkapkan bahwa hanya hasil penghitungan suara terakhir yang akan diumumkan. “Kami yakin prosedur ini akan berjalan dengan aman dan memungkinkan kami untuk menyampaikan hasil referendum yang akurat dan dapat dipercaya. Kami juga akan mengambil langkah-langkah yang diakui internasional dalam memastikan bahwa proses ini terbuka bagi semua pengamat dan media.”

“BRC akan mengumumkan jumlah suara akhir untuk opsi otonomi dan merdeka, serta jumlah kertas suara yang rusak. Tidak lebih, dan tidak kurang,” tegasnya.

Sekitar 1.500 pekerja lapangan untuk referendum sedang mengikuti pelatihan di utara, tengah, dan selatan, serta lokasi-lokasi lainya di luar Bougainville.

Sementara itu Radio New Zealand melaporkan bahwa BRC juga mendesak pemilih yang ingin berpartisipasi dalam referendum melalui pos agar melakukannya secepat mungkin.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Selasa lalu (12/11/2019), BRC menekankan bahwa pemberian suara melalui pos hanya diperbolehkan bagi mereka yang tinggal lebih dari 16 km dari TPS terdekat, atau yang tidak bisa mendatangi TPS karena alasan kesehatan. (New Dawn FM News/PACNEWS)

 

Editor : Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top