Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Komisi Somatoa motivasi masyarakat sipil lestarikan alam

Pengurus Komisi Somatoa di Jayapura saat melakukan jumpa pers penolakan pembangunan Polres di Intan Jaya – Jubi/ Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Upaya pelestarian alam terus dilakukan Komunitas Mahasiswa Independent Somatua Intan Jaya (Komisi Somatoa) di berbagai wilayah.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah memperluas cakupan wilayah kerja. Kali ini Komisi Somatoa melebarkan sayap dengan membuat cabang Somatoa di Sugapa.

Ketua II Komunitas Mahasiswa Independent Somatua Intan Jaya Deselinus Sani mengatakan, pembentukan cabang ini selain memperluas cakupan kerja juga bertujuan menghubungkan komunitas dengan embaga-lembaga kemanusiaan dan lingkungan yang ada di berbagai instansi.

“Salah satunya, Komisi HAM di Keuskupan Timika atau SKPKC Keuskupan Timika dan Jayapura. Adapun program Keuskupan Timika Tungku Api Keluarga yang berkaitan dengan larangan menjual tanah dan dusun. Oleh karena itu Komisi Somatua memiliki peluang yang terbuka untuk bermitra-kerja dengan lembaga-lembaga terkait seperti di atas untuk memproteksi dan menyelamatkan alam dan manusia,” ungkapnya kepada Jubi, Minggu (20/10/2019).

Loading...
;

Ia menambahkan Komisi Somatoa juga akan membentuk beberapa cabang lain untuk memperkuat pergerakan penyadaran terhadap masyarakat sipil terutama menyelamatkan hutan, tanah dan alam Papua serta manusia Papua dari bahaya hal negatif seperti miras dan narkoba.

Sementara itu penasehat Komisi Somatua Adolpius Sondegau menambahkan dengan hadirnya cabang-cabang Komisi Somatoa di beberapa daerah diharapkan dapat menjalin komunikasi dan koordinasi guna membagi informasi terkini untuk menjadi bahan diskusi ke depan.

“Komisi Somatoa juga terus aktif mengadvokasi masyarakat Intan Jaya untuk tidak menjual tanah lahan mereka kepada pihak kepolisian untuk membangun Polres dan menolak bersama kehadiran investor tambang emas di daerah Intan Jaya hingga saat ini,” jelasnya. (*)

 

Editor : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top