Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Komoditas unggulan harus digarap lintas sektoral

Pedagang ikan di Pasar Pharaa, Sentani – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Mathius Awoitauw memerintahkan organisasi perangkat daerah (OPD) memfokus pengembangan komoditas unggulan daerah di Kabupaten Jayapura. OPD selama ini dianggap tidak serius menjadikan potensi unggulan sebagai solusi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Alokasi dana kampung sudah diberikan, Rp100 juta untuk pengembangan potensi sumber daya alam. OPD tinggal memberikan support (dukungan), tetapi tidak jalan,” kata Awoitauw, Sabtu (14/12/2019).

Dia menyebut kakao dan perikanan merupakan komoditas unggulan Kabupaten Jayapura. Pengembangannya harus digarap secara lintas sektoral. Selain dinas pertanian dan tanaman pangan, OPD lain harus terlibat, sesuai tugas dan kewenangan masing-masing. OPD tersebut, misalnya dinas perindustrian dan perdagangan, dinas usaha mikro kecil menengah dan koperasi, serta badan pendapatan daerah.

“Masyarakat sudah menyiapkan tanaman. Dinas (OPD) kerja apa? Bagian pemasaran kerja apa? Yang menyiapkan pasar, siapa? Hal ini harus dikerjakan bersama, dan fokus pada pelayanan masyarakat,” jelas Awoitauw.

Selain kakao dan perikanan, Kabupaten Jayapura memiliki sejumlah hasil bumi yang juga berpotensi menjadi komoditas unggulan daerah. Komoditas tersebut, di antaranya berupa tanaman pangan, hortikultura dan hasil peternakan.

Loading...
;

Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun lalu menyatat produksi padi sekitar 3.800 ton, dan jagung sebanyak 820 ton di Kabupaten Jayapura. Kemudian, ubi kayu sekitar 1.540 ton, manga sekitar 228 ton, dan pisang sekitar 10 ribu ton.

Produksi ternak juga cenderung meningkat setiap tahun di Kabupaten Jayapura. Sapi potong, misalnya tercatat sekitar 14.700 ekor, dengan nilai produksi rata-rata sekitar 123 ribu kilogram pada 2016. Kemudian, produksi kambing sekitar empat ribu ekor, dan babi sekitar 14.700 ekor pada tahun yang sama.

“Kita punya sumber daya alam cukup melimpah. Dengan kebijakan pemerintah daerah melalui alokasi dana kampung, (potensi tersebut) seharusnya bisa dikelola optimal dan memberikan dampak positif bagi masyarakat,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura Elisa Yarusbra. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top