Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Komponen agama di Merauke tak tahu ada alokasi dana otsus 2 persen

Anggota MRP dari Pokja Agama, Dorince Mehue, saat memberikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Dialog yang dilakukan dua anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) dari Kelompok Kerja (pokja) Agama, Dorince Mehue serta Jhon Wob, bersama masyarakat agama maupun tokoh agama termasuk pimpinan gereja, mendapat informasi bahwa mereka tidak mengetahui ada dana otonomi khusus (otsus) 2 persen untuk keagamaan.

Hal itu terungkap setelah disampaikan rohaniawan Katolik, Pastor Pius Manu, Pr.

Anggota MRP dari Pokja Agama yang adalah utusan dari Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Tanah Papua, Dorince Mehue, kepada sejumlah wartawan, Jumat (8/11/2019), mengatakan dana otsus untuk afirmasi adalah 6 persen yang dibagi dalam tiga komponen yakni perempuan 2 persen, adat 2 persen, serta keagamaan 2 persen.

“Dari komponen keagamaan, setelah dilakukan dialog di Swisbelt Hotel, Pastor Pius Manu mengatakan mereka belum tahu selama ini kalau  adanya dana 2 persen,” jelasnya.

Loading...
;

Untuk penyaluran dana tersebut adalah kebijakan dari Bupati Merauke, Frederikus Gebze.

“Ya dengan sejumlah hal penting disampaikan ini, tentunya kami akan melakukan rapat kerja bersama semua bupati di Tanah Papua, sekaligus evaluasi. Karena usia dana otsus sudah memasuki 19 tahun,” ungkapnya.

Ditanya apakah mungkin kurang adanya sosialisasi dilakukan selama ini, Dorince menjelaskan kewenangan dimaksud telah diberikan gubernur kepada para bupati. Olehnya menjadi tugas serta tanggung jawab kepala daerah menyampaikan lagi kepada semua komponen.

Dikatakan, kegiatan seperti begini, telah dilaksanakan di delapan titik termasuk di Kabupaten Merauke.

“Hari ini kami fokus tatap muka bersama masyarakat agama, tokoh agama, serta pimpinan gereja-gereja,” ujarnya.

Kegiatan yang dijalankan, menurut dia, tidak lain mensosialisasikan penggunaan dana otsus yang menjadi bagian masyarakat dari tiga komponen dimaksud.

“Kami juga memberikan pencerahan kepada umat agar tetap menjaga kedamaian serta membangun kesatuan. Intinya kerukunan agama harus terus dipelihara dan dijaga. Sejauh ini di Merauke sudah sangat baik,” katanya.

Anggota MRP lain, Jhon Wob, menambahkan sosialisasi dimaksud sangat penting agar semua komponen mengetahui secara pasti dan jelas anggaran yang bersumber dari otsus.

“Memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami melakukan dialog bersama masyarakat di sejumlah titik,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top