Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Komunikasi dalam keluarga sangat penting

Bupati dan Wakil Bupati Jayapura foto bersama dengan masyarakat serta ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan komunikasi di dalam keluarga sangat penting untuk mencegah penyakit sosial masyarakat yang dewasa ini terus berkembang.

Hal ini dikatakan berkenan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2019 yang diperingati di halaman upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Jumat (28/6/2019).

“Komunikasi di dalam keluarga sangat penting, agar dapat mengetahui bagimana keluarga itu berinteraksi, kompak, dan berjalan dalam satu arah yang baik,” kata Bupati Awoitauw.

Menurutnya, dengan komunikasi yang terarah antara orang tua dan anak serta lingkungan sekitarnya, akan menjadikan keluarga tersebut memahami apa yang akan dilakukan, berkaitan dengan informasi yang berkembang, pergaulan anak-anak di tengah arus globalisasi yang terus berkembang, serta lingkungan yang tepat bagi anak mereka.

Loading...
;

“Mungkin titik berat kita kepada sosialisasi, kampanye terhadap keluarga yang berinteraksi dan terus membangun komunikasi serta menyediakan ruang-ruang bersama yang disediakan secara terus menerus bagi keluarga,” ujarnya.

Bupati juga mengimbau kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura, agar membuat program khusus bagi ibu dan anak di setiap program kerja yang dilaksanakan.

“Kita sudah canangkan daerah ini sebagai kabupaten ramah anak, oleh sebab itu semua pihak harus terlibat di dalam program tersebut. Karena dengan adanya perhatian yang serius kepada anak-anak dan ibu-ibu, maka ada generasi yang baik akan muncul dari setiap keluarga di daerah ini,” katanya.

Sementara itu, warga Sentani Barat Moi, Paulina Yaboisembut, mengatakan interaksi di dalam lingkup keluarga sangat penting.

“Yang namanya keluarga adalah ayah, ibu, dan anak-anak. Kadangkala kita orangtua juga tidak punya waktu bagi anak-anak, demikian sebaliknya. Hal ini dikarenakan kurangnya interaksi dan komunikasi dalam keluarga itu sendiri. Biasanya setelah terjadi sesuatu yang fatal, barulah kita menyadari bahwa selama ini kita tidak luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga,” ungkapnya.

Dalam peringatan Harganas 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Jayapura memberikan bibit tanaman kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk ditanami di kawasan perkotaan dalam rangka menyongsong PON XX tahun 2020 di Kabupaten Jayapura. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top