Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Komunitas Green Papua tolak kapitalisasi SDA di Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Nabire, Jubi – Peringati hari lahirnya yang kedua, Komunitas Green Papua menyelenggarakan diskusi tentang kapitalisasi sumber daya alam dan marginalisasi rakyat Papua, di Malang, Sabtu (15/12/2018). 

"Kami prihatin atas maraknya ekspansi industri berbasis lahan di Papua yang menjadi pendorong utama deforestasi," ujar Yohanes Giyai dari Komunitas Green Papua dalam rilisnya kepada Jubi, Minggu (16/12/2018).

Komunitas yang didirikan pada 15 Desember 2016 di Malang, Jawa Timur, oleh mahasiswa Papua di Pulau Jawa dan Bali ini prihatin atas ratusan izin perkebunan sawit, pertambangan, dan kehutanan di Papua yang semuanya berbasis lahan. Di hari ulang tahunnya ke-2, Green Papua mengajak mahasiswa Papua di Malang memahami dampak kapitalisasi SDA di Tanah Papua terhadap orang asli Papua. 

"Komunitas ini dibentuk atas keprihatinan terhadap praktek-praktek ecocide (perusakan lingkungan masif) di Papua, mendiskusi dan mengkampanyekan persoalan konflik agraria di Papua agar khususnya mahasiswa Papua dan Indonesia di Jawa Bali dapat memahami dampak (baik dan buruk) kapitalisasi SDA di Tanah Papua," kata Giyai. 

Harapannya, setelah kembali ke Papua, Komunitas Green Papua terus bergerak untuk memperjuangkan kedaulatan rakyat atas pengelolaan kearifan lokal oleh masyarakat adat Papua dan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Loading...
;

Dari delapan pernyataan pers di hari ulang tahunnya, secara khusus Green Papua menyerukan penghentian proyek Trans Papua karena dianggap menjadi jalan ekploitasi sumber daya alam dan militerisasi di Papua. 

Mereka juga meminta agar politik privatisasi tanah adat melalui penerbitan sertifikat tanah gratis oleh Rezim Jokowi-JK di Papua segera berhenti. (*)

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top