Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Komunitas Papuansphoto cabang Yahukimo terbentuk

Foto bersama setelah pembentukan Cabang Papuansphoto dengan nama komunitas Explorer Yahukimo –Jubi/Piter Lokon

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komunitas Papuansphoto Cabang Yahukimo akhirnya terbentuk pada Senin (27/1/2020), di Wawawa Cafe Kamkey, Abepura, Kota Jayapura, Papua.

Dalam yang dihadiri 20 orang ini sepakat menberi nama “Explorer Yahukimo” untuk Komunitas Papuansphoto Cabang Yahukimo.

Ketua Pusat Papuansphoto, Whens Tebay, mengatakan dibukanya cabang Papuansphoto di Yahukimo dengan tujuan agar anak-anak Yahukimo juga bisa berkarya melalui fotografi, karena di Yahukimo banyak cerita yang perlu diangkat melalui fotografi dengan karya yang berkualitas dan bercerita.

“Selama ini kami banyak chatting dan diskusi dengan anak-anak Yahukimo seperti Piter Lokon, Hezron Elopore, Steven Hesegem, Ardi Bayage, dan Ruland Kabak serta teman-tema lainnya. Puji Tuhan hari ini atas diskusi dengan teman-teman pada ahirnya kita lakukan pembentukan Papuansphoto Cabang Dekai,” papar Whens Tebay.

Pada kesempatan itu, Whens Tebay mengatakan komunitas Papuans Photo dan Papua Video Maker adalah tempat belajar dan berbagi ilmu, foto dan video, untuk anak-anak Papua.

“Selama ini teman-teman di Yahukimo bisa kirim hasil karya mereka di Group Induk (Pusat) Papuansphoto karya anak Papua dengan pengambilan gambar lewat HP dan kamera. Walaupun masih ada yang salah dan perlunya perbaikan tetapi teman-teman punya semangat dan mau belajar bahwa saya juga bisa menghasilkan foto yang baik,” katanya.

Loading...
;

“Kita semua rata-rata otodidak, belajar sendiri. Kami punya kemampuan untuk kita semua ingin belajar, ingin tahu, untuk itu saya rasa senang, saya rasa bangga dan saya apresiasi sekali teman-teman di Yahukimo,” imbuhnya.

Sonny Wanda, anggota senior Papuansphoto, mengatakan Explorer Yahukimo hadir karena kebutuhan di Tanah Papua.

“Sebagai anak daerah, kita punya tempat di sini untuk berkarya. Foto bukan kebutuhan komersial, tetapi foto adalah kita menjaga tempat, kita menjaga leluhur kita melalui fotografi, dan juga kita sendiri yang bisa menghargai karya kita,” kata Sonny.

Lebih jauh Sonny mengatakan kekuatan besar di komunitas jangan hilang, karena Komunitas Papuansphoto ada di semua daerah, seperti Sorong, Biak, Wamena, dan daerah lainnya.

“Terima kasih untuk Ketua  Papuansphoto, Whens Tebay, dan teman-teman videomaker karena sudah bentuk untuk Yahukimo. Teman-teman Yahukimo, kamu tidak sendiri tetapi kita sama-sama bekerja,” katanya.

Sonny menandaskan dirinya bicara foto bukan hanya foto biasa tetapi foto adalah ideologi untuk Papua. Karena banyak orang bisa mengambil foto dengan kamera yang bagus, tetapi anak-anak Yahukimo hadir dan bisa meng-explore.

“Banyak yang tidak tahu tentang Yahukimo, maka saya percaya teman-teman bisa dengan hal itu. Jadi bukan punya kamera dan lensa yang bagus tetapi kesetiahatian teman-teman untuk tanah ini,” kata Sonny Wanda.

Koordinator Komunitas Papuansphoto Yahukimo, Ruland Kabak, menyampaikan terima kasih karena telah dibentuk Komunitas Papuansphoto cabang Yahukimo.

“Yahukimo itu banyak anak-anak Papua yang punya talenta di bidang fotografi namun belum ada komunitas yang bisa akomodir dan berkumpul. Dengan pembentukan ini saya mengajak kepada anak-anak muda di Yahukimo untuk bergabung untuk sama-sama berkarya dalam komunitas atau wadah ini.  Mari kita memperkenalkan kepada Papua, Indonesia, dan luar negeri bahwa Yahukimo juga mempunyai spot-spot yang bagus,” kata Ruland Kabak. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top