HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kontraktor Stadion Papua Bangkit belum terima pembayaran termin terakhir

Pimpinan dan anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua saat melakukan inspeksi mendadak ke Stadion Papua Bangkit. – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Hingga Selasa (2/7/2019), PT Pembangun Perumahan atau PP (Persero) Tbk selaku kontraktor pelaksana pembangunan Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, belum menerima pembayaran tahap terakhir jasa pembangunan stadion utama Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2020 itu. Nilai pembayaran tahap terakhir itu mencapai Rp105 miliar.

Hal itu dinyatakan Sekretaris Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Natan Pahabol. Pahabol menyampaikan hal itu saat memimpin inspeksi mendadak komisi yang membidangi olahraga itu ke sejumlah arena pertandingan PON XX Papua 2020, termasuk mengunjungi Stadion Papua Bangkit, pada Selasa (2/7/2019).

Pahabol menjelaskan, nilai total kontrak pembangunan Stadion Papua Bangkit mencapai Rp1,3 triliun, dengan pembayaran yang terbagi dalam beberapa termin. Pembayaran tahap terakhir senilai Rp105 miliar itu telah jatuh tempo sejak 15 Juni 2019, namun hingga Selasa PT Pembangun Perumahan belum menerima pembayaran itu.

“Dalam inspeksi mendadak ini, kami dapat informasi pembayaran tahap ketiga belum [dibayarkan Pemerintah Provinsi Papua]. Menurut kontraktor, tagihan itu semestinya [dibayarkan] pada 15 Juni 2019, dan ini sudah lewat [waktu]. Pemerintah Provinsi Papua mesti segera menyelesaikan [tagihan] itu,” kata Pahabol.

Loading...
;

Pahabol menyatakan proses pembangunan Stadion Papua Bangkit telah rampung seluruhnya. Tuntasnya proses pembangunan stadion utama PON XX Papua 2020 itu harus dilihat sebagai keberhasilan Pemerintah Provinsi Papua mempersiapkan diri menjadi tuan rumah PON XX. Sayangnya, Pemerintah Provinsi Papua masih memiliki kewajiban terkait proses pembangunan Stadion Papua Bangkit itu.

Komisi V DPRP berencana mengundang Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Panitia Besar PON dan KONI Papua untuk rapat bersama pada Jumat (5/7/2019). “Selain membahas kesiapan venue di berbagai klaster, kami juga akan meminta Pemerintah Provinsi Papua membayar sisa tagihan pembangunan Stadion Papua Bangkit. Pembayaran itu harus diselesaikan sebelum stadion itu diserahkan kepada Pemerintah Provinsi Papua,” ujarnya.

Dari sisi pemanfaatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua untuk membangun arena pertandingan PON XX, hanya pembangunan Stadion Papua Bangkit yang dinilai Pahabol berhasil. Sejumlah alokasi anggaran pembangunan arena pertandingan PON XX lain dalam APBD Provinsi Papua 2019 belum terealisasi.

Pahabol mengingatkan, keberhasian membangun Stadion Papua Bangkit bukanlah tolak ukur kesiapan Pemerintah Provinsi Papua untuk menjadi tuan rumah PON XX Papua yang akan digelar di lima gugus wilayah (klaster) yang berjauhan. Pemerintah Provinsi Papua diingatkan untuk tidak berpuas diri dengan selesainya pembangunan Stadion Papua Bangkit, karena stadion itu hanya akan digunakan untuk upacara pembukaan dan penutupan PON XX.

“Dari sekitar 50 cabang olahraga [yang dipertandingkan dalam PON XX], paling hanya lima atau enam cabang olahraga yang dipertandingkan di Stadion Papua Bangkit. Cabang olahraga lainnya dipertandingkan di arena pertandingan lain yang tersebar di lima klaster PON. [Stadion Papua Bangkit] ini hanya satu bangunan dari sekian arena pertandingan PON, dan bukan jaminan suksesnya penyelenggaraan PON di Papua,” ucapnya.

Pernyataan serupa dikatakan anggota Komisi V DPRP, Yohanis Ronsumbre. Menurutnya, setelah stadion utama PON itu rampung, Pemerintah Provinsi Papua harus memikirkan perawatan dan pemeliharaan stadion itu.

“Apalagi setelah penyelenggaraan PON XX. Kami berharap pada 2021 Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, juga KONI Papua, akan berkantor di stadion itu, agar stadion tetap difungsikan dan terawat,” kata Ronsumbre. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top