Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Korban tewas massa aksi di Irak terus bertambah

Duka kematian, pixabay.com

Korban terus berjatuhan  memasuki hari ke-6 kerusuhan yang menewaskan lebih dari 100 orang dan sedikitnya 6 ribu lainnya terluka.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Baghdad  Jubi – Sedikitnya delapan orang tewas dalam aksi protes lanjutan antara pasukan keamanan Irak dan massa antipemerintah pada Minggu (6/10/2019). Korban terus berjatuhan  memasuki hari ke-6 kerusuhan yang menewaskan lebih dari 100 orang dan sedikitnya 6 ribu lainnya terluka.

Menurut sumber kepolisian sebanyak delapan orang tewas di Baghdad timur, setelah aparat yang diperkuat pasukan bersenjata menggunakan tembakan langsung. Massa turun ke jalan tak lama setelah pemerintah mengumumkan reformasi, yang berupaya meredam kemarahan terhadap pengangguran dan kasus korupsi.

Kerusuhan tersebut menjadi tantangan politik dan keamanan terbesar bagi pemerintahan Perdana Menteri Adel Abdul Mahdi sejak ia dilantik tahun lalu. Aksi protes memunculkan kembali kekhawatiran serentetan kekerasan baru yang dapat menjadi magnet bagi kelompok-kelompok gerilyawan dan yang dieksploitasi oleh ISIS.

Loading...
;

Baca juga : Serangan ISIS tewaskan pasukan keamanan Irak Turki gempur militan Kurdi di Irak

Komandan ISIS tewas di tangan pasukan Irak

Sebelum bentrokan terbaru di distrik Sadr City di ibu kota, juru bicara Kementerian Dalam Negeri menyebutkan 104 orang tewas, termasuk delapan anggota pasukan keamanan, akibat kerusuhan yang meletus sejak Selasa (1/10/2019) pekan lalu.

Ia melaporkan 6.107 orang lainnya terluka, lebih dari 1.000 di antaranya polisi dan pasukan keamanan. Puluhan bangunan juga ikut dibakar, namun pasukan keamanan membantah menembaki langsung para pengunjuk rasa. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top