Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Korupsi, dua ASN di Mappi dipecat

Seorang jurnalis sedang mewawancarai Bupati Mappi, Kristosimus Agawemu – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Dua orang aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mappi  dipecat karena melakukan tindak pidana korupsi dan telah memiliki kekuatan hukum tetap.

“Betul ada dua orang, satunya pejabat eselon II, sedangkan satu lagi saya tidak ingat persis. Tetapi jelasnya mereka telah diberhentikan sebagai ASN,” ujar Bupati Mappi, Kristosimus Agawemu, kepada sejumlah wartawan, Jumat (19/7/2019).

Dikatakan, edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri), harus dijalankan. Meskipun harus ada pertimbangan kemanusiaan yang bisa diambil.

“Kami juga berpikir tentang keluarganya, namun aturan mengisyaratkan seperti demikian sehingga tetap dilaksanakan,” katanya.

Loading...
;

“Cukup berat saya menyikapi surat edaran Mendagri, lantaran banyak pertimbangan (yang harus) dipikirkan,” imbuhnya.

Ditegaskan, sebagai ASN harus memahami bahwa waktu bekerja, selalu ada aturan baru yang diturunkan dari pusat. Olehnya, perlu memahami regulasi terbaru yang diberikan.

“Jangan sampai orang berasumsi bahwa karena bupati tak suka, sehingga mengeluarkan surat pemecatan. Bukan seperti begitu. Justru karena aturan yang mengisyaratkan,” katanya.

Sementara di Kabupaten Merauke, Sekretaris Daerah (Sekda), Daniel Pauta, mengatakan sebanyak 15 ASN dari pejabat eselon II, III, dan IV, dipecat karena melakukan tindak pidana korupsi.

“Ya, mereka sudah dipecat, lantaran  telah ada kekuatan hukum tetap di pengadilan. Jika bersangkutan masih banding atau kasasi, tentunya surat pemecatan tak dikeluarkan terlebih dahulu,” ujarnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top