HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Kota Jayapura menuju predikat kota layak Lansia

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari saat diwawancara – Jubi/Ramah.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura terus berbenah dengan berbagai fasilitas umum yang diberikan kepada Lansia melalui layanan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), untuk mewujudkan kota layak Lansia (Lanjut usia)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (20/5/19) menyatakan, ini dilakukan untuk meningkatkan angka harapan hidup di Kota Jayapura.

“Angka harapan hidup sudah 76 persen. Harus ada upaya untuk memberikan perhatian lebih kepada Lansia agar hidup mandiri dan tetap produktif,” jelas Ni Nyoman.

Menurut Ni Nyoman, layanan kesehatan berlaku bagi semua elemen masyarakat, terutama bagi lansia sebab mereka akan semakin rentan terhadap berbagai keluhan, baik fisik muupun psikis, tekanan darah, gula hingga kolestrol tinggi.

Loading...
;

“Jadi, kami sudah membuka layanan Posyandu lansia seperti senam, cek pemeriksaan darah, dan setiap lansia mendapatkan buku kesehatan lanjut usia dan kartu berobat untuk cek kesehatan di Puskesmas,” ujar Ni Nyoman.

Selain fokus memprioritaskan lansia dalam layanan Posyandu, Dinas Kesehatan Kota Jayapura juga memaksimalkan layanan Puskesmas yang ramah lansia.

“Kalau di Puskesmas ada kursi prioritas. Jadi kalau ada pasien usianya 60 tahun ke atas akan mendapat layanan sendiri dengan loket berbeda sebab pelayanan itu kami mengutamakan lansia, difabel, dan ibu hamil. Jadi kalau yang usia muda dan dewasa kalau ngantri jangan marah-marah sebab itu (lansia) yang kami utamakan,” jelas Ni Nyoman.

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru menyatakan, kota layak lansia mencirikan lansia selalu diutamakan. Dicontohkan saat berada di taksi umum maupun kereta api selalu ada tempat duduk khusus lansia.

“Kami terus berkomitmen menjadikan Kota Jayapura sebagai kota layak lansia mulai dari pelayanan hingga memaksimalkan fasilitas umum,” jelas Rustan Saru. (*)

 

Editor      : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top